Seluk Beluk 14 Oktober yang Dikenal Sebagai I Love You Day

Seluk Beluk 14 Oktober yang Dikenal Sebagai I Love You Day

Mengapa 14 Oktober dikenal sebagai I Love You Day? Ini asal usulnya. --Freepik

HARIAN DISWAY - Tanggal 14 Oktober diperingati sebagai National I Love You Day. Peringatan itu bukanlah perayaan resmi yang diakui secara internasional. Namun, banyak orang memanfaatkannya sebagai momen spesial untuk mengekspresikan rasa cinta dan kasih sayang.

Pada 14 Oktober, banyak orang memilih untuk memperlihatkan perhatian dan afeksi mereka kepada orang-orang yang mereka sayangi. Seperti keluarga, teman, atau pasangan.

National I Love You Day menjadi kesempatan yang sempurna untuk menyampaikan perasaan dengan tulus kepada mereka yang memiliki tempat istimewa di hati.

BACA JUGA:Hari Museum Nasional 12 Oktober: Sejarah dan Cara Memperingatinya

Menurut situs Urban Dictionary, Hari National I Love You Day adalah hari yang dikhususkan untuk mengucapkan rasa cinta.

Meskipun fokus utamanya adalah mengungkapkan cinta kepada pasangan, hari itu juga menjadi kesempatan untuk menunjukkan perhatian dan rasa sayang kepada siapa pun yang dirasa penting dalam hidup. Seperti sahabat atau anggota keluarga.

Namun, fakta di balik peringatan itu cukup mengejutkan. Karena tidak berdasar dari peristiwa bersejarah ataupun penetapan secara resmi.

Peringatan National I Love You Day pertama kali muncul di media sosial pada 3 Agustus 2015 melalui situs whatnationaldayisit.com. Pada tanggal tersebut, banyak pengguna Twitter (yang sekarang berganti X) ikut meramaikan hari spesial tersebut dengan menggunakan tagar #NationalILoveYouDay.

BACA JUGA:Kampanye World Sight Day 10 Oktober, Eyelink Group Ungkap 39,17 Persen Anak di Surabaya Alami Mata Minus dan Silinder

Pada tahun itu saja ada sekitar 88.600 tweet yang ikut memperingati momen itu. Sejak saat itu, 14 Oktober diadopsi sebagai National I Love You Day oleh banyak orang di berbagai belahan dunia.

Menariknya, asal mula popularitasnya konon berasal dari sebuah film romantis Filipina berjudul Everyday I Love You, yang dipromosikan oleh sutradaranya pada 2015. Saat mempromosikan film tersebut, sang sutradara menggunakan tagar #EverydayILoveYou, yang kemudian berkembang menjadi #NationalILoveYouDay di media sosial.

BACA JUGA:Diperingati Setiap 5 Oktober, Inilah Sebab Mengapa Lahir Hari Guru Sedunia

Kampanye promosi itu berhasil menarik perhatian besar. Terutama di Filipina. Dan cuitan berisi tagar tersebut dengan cepat menyebar ke 62 negara. Hampir tiga juta orang di seluruh dunia ikut berpartisipasi dengan mengucapkan "I Love You" melalui media sosial.

Sejak saat itu, National I Love You Day menjadi momen tahunan yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, terutama sebagai kesempatan untuk mempererat hubungan dan menunjukkan cinta kepada orang-orang yang mereka sayangi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: