Ketahui Sejarah dan Pentingnya Hari Mencuci Tangan dengan Sabun Sedunia yang Dirayakan Setiap 15 Oktober

Ketahui Sejarah dan Pentingnya Hari Mencuci Tangan dengan Sabun Sedunia yang Dirayakan Setiap 15 Oktober

Hari Mencuci Tangan dengan Sabun Sedunia diperingati setiap tahun pada 15 Oktober sejak 2008. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun. --Freepik

HARIAN DISWAY - Hari Mencuci Tangan dengan Sabun Sedunia diperingati setiap tahun pada 15 Oktober sejak 2008. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Mencuci Tangan dengan sabun.

Sebagai langkah pencegahan penyakit. Dalam konteks global, upaya ini sangat penting, mengingat bahwa kebersihan tangan yang baik dapat menyelamatkan nyawa, terutama di negara-negara dengan akses terbatas terhadap layanan kesehatan.

Diprakarsai UNICEF dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), inisiatif ini menjadi bagian dari kampanye global untuk mengurangi angka kematian anak akibat penyakit yang dapat dicegah, seperti diare dan infeksi pernapasan.

BACA JUGA: Enam Langkah Mencuci Tangan yang Aman, Ampuh Bunuh Kuman di Tangan dengan Mudah

Mencuci tangan dengan sabun dapat mengurangi penyebaran kuman, yang merupakan penyebab utama penyakit tersebut. Mencuci tangan adalah tindakan sederhana tapi sangat efektif dalam mencegah penularan berbagai penyakit.

Menurut WHO, mencuci tangan dengan sabun dapat mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan hingga 21 persen dan infeksi saluran cerna hingga 30 persen. Kuman dan virus dapat dengan mudah menempel pada tangan kita.

Terutama setelah berinteraksi dengan permukaan yang terkontaminasi, seperti pegangan pintu, uang, atau alat transportasi umum. Banyak penyakit menular, termasuk flu, Covid-19, dan hepatitis A, dapat dicegah dengan mencuci tangan secara teratur.

BACA JUGA: Hari Jantung Sedunia 29 September: Sejarah, Tema Peringatan dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Virus dan bakteri sering kali berpindah melalui sentuhan, sehingga menjaga kebersihan tangan adalah langkah pencegahan yang sangat penting. Anak-anak adalah kelompok yang paling rentan terhadap penyakit.

Mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan setelah menggunakan toilet dapat melindungi mereka dari infeksi serius yang dapat berakibat fatal. Ketika masyarakat secara kolektif menjaga kebersihan tangan, angka kejadian penyakit menular dapat berkurang.

Hal ini sangat penting dalam konteks pandemi, di mana penyebaran virus dapat terjadi dengan cepat. Meskipun banyak orang yang tahu pentingnya mencuci tangan, tidak semua orang melakukannya dengan cara yang benar. 

BACA JUGA: Khofifah Kenang Sejarah Pencetusan Hari Santri Nasional, Momentum Menguatkan Peran Santri dan NU

Langkah-langkah mencuci tangan yang dianjurkan oleh WHO meliputi beberapa tahapan. Pertama, basahi tangan dengan air bersih yang mengalir. Kemudian, oleskan sabun secukupnya ke seluruh permukaan tangan.

Selanjutnya, gosok tangan selama minimal 20 detik, pastikan untuk mencuci telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, bilas tangan di bawah air mengalir untuk menghilangkan sabun dan kotoran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: beberapa sumber