7 Profil Guru Besar Kompeten, Ikut dalam Kabinet Prabowo?

7 Profil Guru Besar Kompeten, Ikut dalam Kabinet Prabowo?

Yusril memiliki pengalaman menjabat sebagai Menteri Hukum dan Perundang-undangan pada periode 1998–2005, kembali menjabat Menteri Hukum dan HAM pada periode 2001–2004, serta Sekretaris Negara pada 2004–2007.

Yusril sebagai advokat dan akademisi di bidang hukum tata negara, politikus, dan tokoh intelektual Indonesia. Yusril aktif mengajar di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI). Dia alumni FH UI dan FIB UI pada jurusan Filsafat pada pendidikan S2 dan S3.

BACA JUGA: Takut Lawan Timnas Indonesia? Bahrain Minta Pindah Venue Laga ke Luar RI

Pada pendidikan pascasarjana, ia mengambil jurusan Filsafat di University of the Punjab, Pakistan. Ia dikukuhkan sebagai Guru Besar Hukum Tata Negara UI pada 1998 dan diprediksi akan menjabat Menkopolhukam di kabinet mendatang.

Prof. Satryo Soemantri Brodjonegoro

Satryo merupakan Guru Besar Emeritus Teknik Mesin di Institut Teknologi Bandung (ITB).  Ia tergabung dalam anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) sejak 2008 dan menjadi keanggotaan Komisi Ilmu Rekayasa dan Kepakaran Mechanical Enginering.

Ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua AIPI pada masa bhakti 2013-2018. Pada proses pendidikannya, di tahun 1985 ia mendapatkan gelar Ph.D. di bidang teknik mesin dari University of California, Berkeley, USA.

BACA JUGA: Angkat Isu Kesehatan Mental, Siapa yang Relate dengan Film Bolehkah Sekali Saja Kumenangis? Simak Sinopsisnya

Dia meneribtkan tulisan ilmiah hingga lebih dari 99 telah terpublikasi dan pernah menjabat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi pada 1999-2007. Selain itu, Satryo aktif menjadi dosen tamu di Toyohashi University of Technology, Jepang, dan ITB.

Belum diketahui pasti Satryo akan menjabat apa di kabinet Prabowo.

Prof. Yassierli, S.T., M.T., Ph.D.

Yassierli adalah Guru Besar di Fakultas Teknologi Industri di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan spesialisasi ergonomi, rekayasa kerja, dan keselamatan kerja. Ia memulai pendidikan tingginya di ITB dengan S1 jurusan Teknik Industri pada 1997.

Dilanjutkan S2 di ITB dengan jurusan Teknik industri mulai tahun 1997 lulus di tahun 2000. Pada perkuliahan S3 ia meraih gelar Ph.D. dalam bidang Industrial and Systems Engineering dari Virginia Tech, Amerika Serikat.

BACA JUGA: Teknologi AI yang Membantu Pembuatan PowerPoint Menjadi Efisein

Saat ini, Yassierli juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pakar Perhimpunan Ergonomi Indonesia dan diprediksi akan menjadi Menteri Ketenagakerjaan (Menaker).

Prof. Atip Latipulhayat, S.H., M.H., Ph.D.

Atip Latipulhayat adalah Guru Besar Hukum Internasional di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad) sejak 1993 hingga kini. Dirinya menyelesaikan S1 pendidikan  Fakultas Hukum Unpad di tahun 1990.

Ia melanjutkan studi Magister Hukum di Monash University, Australia, berhasil lulus di tahun 2007 dengan gelar Doktor (Ph.D)Ia juga mengikuti pendidikan di beberapa kampus ternama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: