Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Ke-37 Tahun 2024: Ajang Mahasiswa Berkontestasi Membangun Prestasi

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Ke-37 Tahun 2024: Ajang Mahasiswa Berkontestasi Membangun Prestasi

REKTOR Universitas Airlangga (Unair) Prof Muhammad Nasih memberikan sambutan di acara Pimnas Ke-37.-Humas Unair-

Mahasiswa yang kreatif adalah mahasiswa yang tidak hanya duduk diam mendengarkan dosen mengajar di kelas. Mahasiswa yang berprestasi, mereka umumnya juga menambah reputasi dan kualitas plusnya sebagai bagian dari civitas academica

Berbeda dengan mahasiswa yang hanya rajin belajar di ruang kuliah, para mahasiswa yang terlibat dalam Pimnas umumnya memiliki kualifikasi plus yang membanggakan.

Dari 525 tim mahasiswa yang berlaga di berbagai lomba di Pimnas, semua adalah representasi dari mahasiswa yang memiliki prestasi yang membanggakan. Pimnas adalah program yang prestisius bagi mahasiswa. Sebab, dalam forum tersebut, mahasiswa yang memiliki karya karsa diberi kesempatan untuk mempresentasikan di hadapan para juri –bersaing secara sehat dengan kontestan lain. 

Para finalis, mahasiswa terbaik dari perguruan tinggi masing-masing, perlu berkompetisi dan berkontestasi demi kemajuan bangsa. Sebab, mereka semua adalah calon pemimpin di masa depan. Demikian penegasan Prof Nasih dalam sambutannya.

Pimnas yang diselenggarakan selama empat hari, mulai 15 hingga 18 Oktober 2024, akan melaksanakan berbagai lomba. Mahasiswa akan dibagi ke dalam 25 kelas. Di setiap kelas, mahasiswa akan berkesempatan untuk menyampaikan ide dan gagasan inovatifnya. 

Siapa pun nanti yang menjadi juara dalam lomba bisa dipastikan mereka adalah mahasiswa yang terbaik di bidang masing-masing. Mahasiswa yang menjadi juara niscaya akan terbuka masa depan yang lebih cerah. Mereka tidak hanya berpeluang untuk dapat lulus dan terserap pasar kerja dengan cepat, tetapi juga berkesempatan untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi yang berkualitas, baik di dalam maupun luar negeri. 

MANFAAT

Di Pimnas ke-37 di Universitas Airlangga, selain menjadi forum kontestasi antartim, juga diselenggarakan acara-acara lain yang tak kalah menarik. Dalam Pimnas ke-37 kali ini, juga diselenggarakan pameran pendidikan yang dikemas dalam tajuk SMA Tengok PIMNAS

Menurut Prof Nasih, dalam acara tersebut, akan dipertemukan siswa SMA dengan para peserta yang berlaga pada Pimnas Ke-37. Para siswa SMA kelas XII akan diundang dan hadir untuk melihat langsung kakak-kakak mereka berlaga di Pimnas. 

Bukan hanya itu. Melalui kemasan acara selama Pimnas, paling tidak akan ada dua manfaat yang bisa dipetik. Pertama, para siswa kelas XII SMA yang hadir akan dapat mengakses berbagai informasi seputar penerimaan mahasiswa baru. Itu adalah acara untuk pemanasan penerimaan mahasiswa baru tahun 2025. 

Sebab, para siswa SMA akan berkesempatan untuk melihat fakultas-fakultas yang ada di lingkungan Universitas Airlangga. Dengan cara itu, diharapkan siswa yang notabene calon mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengenal terlebih dahulu fakultas yang diidam-idamkan.

Dalam acara temu dengan siswa SMA itu, Universitas Airlangga sebagai tuan ramah akan membagikan informasi mengenai tip masuk ke berbagai fakultas di lingkungan Universitas Airlangga. 

Dalam acara temu dengan siswa SMA itu, program studi yang ada di lingkungan Universitas Airlangga akan menawarkan program-program unggulan yang dapat siswa manfaatkan untuk masuk ke Universitas Airlangga. 

Misalnya, menyelenggarakan Olimpiade. Kalau menjadi juara di olimpiade yang diselenggarakan, para siswa dapat masuk Universitas Airlangga lewat jalur SNBP atau golden ticket.

Kedua, dalam Pimnas kali ini, Universitas Airlangga juga menggelar acara temu mitra bisnis. Acara itu akan memungkinkan mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan para pebisnis atau pengusaha. Para mahasiswa yang telah menghasilkan karya-karya inovatif akan dipertemukan dengan para pengusaha dan pebisnis untuk bisa berdiskusi dengan mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: