Bandara Dhoho Resmi Beroperasi, Jadi Bandara Pertama yang Dibangun Swasta

Bandara Dhoho Resmi Beroperasi, Jadi Bandara Pertama yang Dibangun Swasta

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, Menhub Budi Karya Sumadi, perwakilan PT Dhoho Surya Investama dan PT Gudang Garam melakukan peresmian beroperasinya Bandara Dhoho, Kediri pada Jumat sore, 18 Oktober 2024-BKIP Kemenhub-

“Terkait Haji dan Umroh, kami akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Agama. Tapi, satu hal yang pasti, saya mengimbau masyarakat Kediri dan sekitarnya untuk melakukan perjalanan Haji dan Umroh melalui Bandara Dhoho, yang notabene jaraknya lebih dekat daripada Bandara Juanda di Surabaya,” Jelas Menhub.

BACA JUGA: Panjang Runway Bandara IKN Ditambah, Akan Kembali Uji Coba Pendaratan dengan Pesawat Lebih Besar

BACA JUGA: Ingin Ubah Status Bandara IKN Jadi Komersial, Jokowi: Biar Lebih Bermanfaat

Budi juga menuturkan bahwa Bandara Dhoho tidak hanya menjadi simbol kemajuan infrastruktur transportasi, tetapi juga diharapkan dapat membuka peluang bisnis baru dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja di berbagai sektor.

“Saya yakin Bandara Dhoho akan memberikan dampak yang luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi di kawasan Kediri. Oleh karena itu, saya sangat berharap agar Pemerintah Daerah Kediri dapat berperan aktif untuk mempromosikan keberadaan bandara ini,” pungkas Menhub. 

Sebagai informasi, Bandara Dhoho memiliki landasan pacu sepanjang 3.300 meter dan lebar 45 meter, sehingga mampu didarati oleh pesawat berjenis berbadan lebar. Sejak soft launching pada 5 April 2024 lalu, bandara ini telah melayani lebih dari 20.000 penumpang, dengan 175 pergerakan pesawat.

Sementara itu, usai melangsungkan peresmian bandara, dilakukan pula groundbreaking dimulainya konstruksi jalan tol akses yang akan menghubungkan Bandara Dhoho dengan Kota Kediri. Keberadaan jalan tol akses ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk menuju bandara dan sebaliknya.

 

*) Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, Peserta Magang Reguler di Harian Disway

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: