Green Banking, Upaya Mewujudkan Dunia Menuju Nirpolusi

Green Banking, Upaya Mewujudkan Dunia Menuju Nirpolusi

ILUSTRASI Green Banking, Upaya Mewujudkan Dunia Menuju Nirpolusi.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Pada kategori kebijakan moneter, green central banking diwujudkan dalam bentuk adopsi kebijakan hijau ke dalam kebijakan moneter hijau (green monetary). 

Untuk kebijakan keuangan, sering kali disebut sebagai prudential policy (microprudential and macroprudential), green central banking diwujudkan dalam bentuk kebijakan keuangan hijau. 

Kategori terakhir, yaitu leading by example, ditunjukkan dengan kepemimpinan bank sentral dalam pengungkapan environmental risk yang dihadapi sektor perbankan.

Dengan demikian, pada sektor keuangan, Bank Indonesia (BI) sebagai otoritas makroprudensial dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai otoritas mikroprudensial dapat mendukung pertumbuhan pembiayaan hijau (green financing) yang diberikan perbankan kepada korporasi dan UMKM untuk melakukan kegiatan hijau dan investasi pada infrastruktur hijau. 

Harapannya, tercipta dunia dengan atmosfer hijau yang menjadi dambaan semua pihak. (*)


*) Sukarijanto adalah pemerhati kebijakan publik dan peneliti di Institute of Global Research for Economics, Entrepreneurship, & Leadership dan kandidat doktor di Program S-3 PSDM Universitas Airlangga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: