Megawati Absen Pelantikan Prabowo-Gibran, Sinyal Kuat PDIP Oposisi

Megawati Absen Pelantikan Prabowo-Gibran, Sinyal Kuat PDIP Oposisi

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri--Fajar Ilman

Ia menerima pesan itu disampaikan melalui Ketua fraksi MPR PDIP Ahmad Basarah. Alasan yang sama pernah disampaikan Megawati pada pelantikan periode kedua Presiden ke-6 SBY pada 2009. 

Absennya Megawati menimbulkan berbagai spekulasi. Terutama pada kecenderungan yang sama seperti momen-momen sebelumnya. Yakni Megawati akan membawa partainyi untuk berada di luar pemerintahan.

BACA JUGA:Prabowo Haturkan Terima Kasih kepada Semua Presiden RI, Dari Soekarno hingga Jokowi

Bukti lain yang menguatkan yaitu tak ada satu pun kader PDI Perjuangan yang mengikuti audisi menteri kabinet Prabowo beberapa waktu lalu.

Apalagi, rencana pertemuan Prabowo dan Megawati jelang pelantikan pun batal. Padahal, pertemuan itu digadang-gadang sebagai rekonsiliasi.

"Sepertinya gitu (batal, Red), sampai dengan saat acara pelantikan pertemuan itu masih tertunda," ungkap Muzani.

Namun, Muzani tak membeberkan alasan batalnya rencana pertemuan kedua tokoh tersebut. Ia hanya menyampaikan harapan agar Megawati lekas sehat. Yang jelas, Muzani memastikan pihaknya telah menyampaikan undangan. Balasan undangan itu juga sudah diterima.

BACA JUGA:Pelantikan Prabowo-Gibran: Para Pemimpin Dunia Berdatangan, Dari Sultan Brunei Hingga Wapres China

Meski demikian, Muzani berharap pelantikan presiden ke-8 RI tetap berlangsung hikmat. Apalagi, Muzani juga memastikan Presiden ke-6 RI SBY hingga wakil presiden era Soeharto periode 1993-1998 Try Sutrisno akan hadir.

Ia bahkan sudah berkomunikasi dengan para mantan presiden dan wapres Indonesia. Di antaranya, Jusuf Kalla, Boediono, keluarga Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid, dan keluarga mantan Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz.

Selain itu, mantan rival Prabowo-Gibran di Pilpres 2024, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo juga turut hadir. Muzani memastikan bahwa undangan sudah diterima oleh kedua mantan capres tersebut.

“Saya sudah berkomunikasi lewat telepon, baik Anies maupun Ganjar. Dan Alhamdulillah beliau menyatakan akan hadir," ungkap sekjen Partai Gerindra itu.

BACA JUGA:Jokowi Pulang ke Solo Besok, Pemkot: Kami Siapkan Sambutan Sederhana

Muzani bersyukur Anies dan Ganjar bisa hadir dalam pelantikan tersebut. Ia lantas menyampaikan terima kasih kepada kedua mantan gubernur itu. Cuma, Muzani tak bisa memastikan kehadiran kedua mantan cawapres, Cak Imin dan Mahfud Md.


Peragaan presiden dan wakil presiden menuju panggung pelantikan dalam acara gladi bersih d Ruang Rapat Paripurna I, Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, kemarin.-Raka Denny/Harian Disway-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: