Upacara Pisah Sambut Presiden RI: Jokowi dan Prabowo Tandai Transisi Kepemimpinan

Upacara Pisah Sambut Presiden RI: Jokowi dan Prabowo Tandai Transisi Kepemimpinan

Pada pukul 14.00 WIB, Jokowi dan Prabowo keluar bersama dari dalam Istana Merdeka. Berjalan beriringan menuju tempat upacara. Keakraban yang terlihat menjadi simbol keharmonisan dan kedewasaan dalam proses demokrasi Indonesia. --Sekretariat Negara

HARIAN DISWAY - Minggu, 20 Oktober 2024 menjadi momen bersejarah bagi Republik Indonesia. Dengan digelarnya upacara pisah sambut antara Presiden RI ke-7 Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto. 

Setelah menjalani pelantikan resmi di Gedung Nusantara, Senayan. Upacara pisah sambut dilanjutkan di Istana Merdeka sebagai simbol transisi kepemimpinan yang damai dan penuh kehormatan.

Acara pisah sambut dimulai pada pukul 13.45 WIB dengan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka beserta istrinya Selvi Ananda, meninggalkan Istana Merdeka bersama kedua anaknya. 

BACA JUGA: Prabowo Disambut Tepuk Tangan, Gibran dan Kaesang Disoraki Peserta Paripurna MPR

Mereka menuju Istana Wakil Presiden. Sementara Jokowi dan Prabowo masih berada di dalam Istana Merdeka. Mereka tampak berbincang santai bersama keluarga masing-masing. Termasuk Didit Hediprasetyo dan Titiek Soeharto.

Tepat pukul 13.50 WIB, terompet upacara dibunyikan untuk menandai dimulainya upacara penyambutan Prabowo sebagai Presiden RI ke-8. Serta pelepasan Jokowi dari jabatannya sebagai Presiden RI ke-7.

Suasana penuh haru dan khidmat menyelimuti halaman Istana Merdeka. Ketika kelompok pembawa bendera Merah Putih memasuki lokasi upacara pada pukul 13.57 WIB.

BACA JUGA: Prabowo Subianto Resmi Dilantik Sebagai Presiden ke-8 RI

Pada pukul 14.00 WIB, Jokowi dan Prabowo keluar bersama dari dalam Istana Merdeka. Berjalan beriringan menuju tempat upacara. Keakraban yang terlihat menjadi simbol keharmonisan dan kedewasaan dalam proses demokrasi Indonesia.

Tepat pukul 14.10 WIB, Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi meninggalkan Istana dengan diantar Prabowo Subianto. Menggunakan kendaraan buatan Pindad, Maung Garuda, berpelat nomor Indonesia 1. 

Saat berpamitan, Jokowi sempat menyapa warga dengan kalimat singkat tapi penuh makna, "Saya pulang dulu ya." Setelah upacara pisah sambut selesai, Jokowi memang segera bertolak ke Solo, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Pidato Presiden Pertama Prabowo, Targetkan Indonesia Swasembada Pangan dan Energi

Menumpang pesawat Boeing 737-800 NG dengan tail number A-7309 TNI Angkatan Udara dari Lanud Halim Perdanakusuma. Prabowo, dalam tanda penghormatan, akan mengantar langsung Jokowi hingga keberangkatannya pada pukul 15.00 WIB.

Para menteri dari Kabinet Indonesia Maju juga turut hadir di bandara Halim Perdanakusuma. Mereka berjajar di samping pintu pesawat. Sebelum memasuki pintu pesawat Jokowi berpesan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube streaming inews