Eathink Rilis SELARAS, Panduan Makan Sehat Sekaligus Keberlanjutan Pangan

Eathink Rilis SELARAS, Panduan Makan Sehat Sekaligus Keberlanjutan Pangan

Komunitas Eathink memperkenalkan konsep makan sehat SELARAS. Aspek "Lokal" dalam SELARAS mengajarkan pentingnya mengutamakan produk pangan lokal.-pixabay-pixabay.com

"Keragaman pangan sangat penting. Karena tidak ada satu bahan makanan pun yang memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dengan mengonsumsi makanan yang bervariasi, kita dapat memenuhi kebutuhan gizi secara lebih optimal," tambah Dion.

Sadar: Awal dari Pola Makan Sehat

Aspek terakhir dalam SELARAS adalah ‘Sadar’. Mindful eating atau makan dengan kesadaran penuh adalah kunci untuk menjalani pola makan sehat.

Jaqualine menjelaskan bahwa dengan menjadi lebih sadar akan apa yang kita konsumsi, kita juga akan lebih bertanggung jawab terhadap dampaknya. Baik untuk kesehatan diri sendiri maupun untuk lingkungan.

“Kami mengajak masyarakat untuk mulai sadar akan pilihan makanan mereka, dan secara perlahan, dampak positifnya akan terasa pada tubuh. Lama-kelamaan, kesadaran ini akan mendorong perubahan budaya makan yang lebih baik dan berkelanjutan,” ujarnya.

BACA JUGA:Cegah Asam Urat, Lakukan Diet Rendah Purin!

Dion juga menegaskan pentingnya peran guru dan orang tua dalam mendidik anak-anak tentang pentingnya pola makan sehat. Edukasi sejak dini diyakini menjadi salah satu cara efektif untuk menciptakan generasi yang lebih sehat dan sadar akan keberlanjutan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: