5 SD di Surabaya Jadi Lokasi Uji Coba Makan Bergizi Gratis, Pemkot Beri Evaluasi

5 SD di Surabaya Jadi Lokasi Uji Coba Makan Bergizi Gratis, Pemkot Beri Evaluasi

Siswa-siswi SD Negeri Wonorejo V Surabaya tampak lahan memakan menu makanan bergizi gratis.-Humas Pemkot Surabaya-

"Meskipun menunya hanya telur dan ayam, tapi kalau diolah secara kreatif pasti menjadi daya tarik tersendiri. Yang tak kalah penting, gizinya tetap terpenuhi," ujarnyi.

Restu berharap Surabaya bisa menjadi contoh untuk daerah lain dalam pelaksanaan uji coba makan bergizi gratis. Utamanya kabupaten/kota lain di Jawa Timur.

BACA JUGA:Gibran Bantah Pemangkasan Anggaran Makan Bergizi Gratis: Rp 15.000 Sudah Ideal

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Yusuf Masruh Yusuf mengatakan bahwa uji coba makan bergizi gratis harus dilakukan dengan sinergitas berbagai pihak.

Misalnya, dari sisi pemenuhan gizi, yang bertugas mengawasi adalah dinas kesehatan. Begitu pula dengan pembuatan menu makanan, pemerintah bisa melibatkan pelaku UMKM.


PJs Wali Kota Surabaya Restu Novi Widiani meninjau program makan bergizi gratis di SD Negeri Wonorejo V Surabaya, Rabu, 23 Oktober 2024.-Humas Pemkot Surabaya-

BACA JUGA:Setelah Surabaya, Gibran Lanjut Uji Coba Makan Bergizi Gratis ke Tangerang dan Luar Jawa

Tidak hanya menekan angka stunting, Yusuf menekankan bahwa pelaksanaan uji coba makan bergizi gratis di Surabaya juga berbasis edukasi karakter. 

"Bagaimana mereka mengawali makan dengan doa, membantu mendistribusikan makanan, membuang sampah usai makan, sehingga kebiasaan ini akan terbentuk dan tetap dijalankan di luar sekolah," tandas Yusuf. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: