Program Lapor Mas Wapres, Antara Gimik dan Realitas

Program Lapor Mas Wapres, Antara Gimik dan Realitas

ILUSTRASI Program Lapor Mas Wapres, Antara Gimik dan Realitas.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Meski beberapa negara menerapkan pendekatan yang berbeda, ada kesamaan dari aspek inisiatif dan penggunaan teknologi untuk meningkatkan transparansi, partisipasi publik, dan efektivitas respons pemerintah. 

Program yang diformulasikan dengan melibatkan teknologi yang baik dan respons cepat terhadap keluhan adalah kunci untuk meningkatkan kepercayaan publik dan mengurangi potensi keluhan yang tidak ditindaklanjuti dengan baik. 

Indonesia dapat belajar dari negara-negara itu dalam hal pengelolaan keluhan yang masuk, memastikan adanya tindak lanjut yang cepat dan akurat, serta menjamin transparansi bagi publik. 

Setiap keluhan yang masuk mencerminkan harapan publik sehingga harus dijawab dengan serius. Di era digital ini, respons yang cepat dan tepat sangat penting dan akan menentukan partisipasi masyarakat dalam program itu. 

Hambatan birokrasi yang sering mengganggu proses pengaduan juga harus diselesaikan. Agar laporan tidak terabaikan, proses penyelesaiannya harus cepat dan tanpa penundaan yang tidak efisien dan efektif. 

Birokrasi yang rumit hanya akan memperburuk citra pemerintah dan menurunkan kepercayaan publik terhadap program tersebut. 

Penyelesaian aduan yang efektif dan efisien secara tidak langsung mampu mendongkrak legitimasi pemerintah di hadapan rakyat sekaligus merefleksikan bahwa negara senantiasa hadir 24 jam di tengah-tengah warga masyarakat. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: