Michelin Perkenalkan Ban Baru untuk GP Austin 2025

Situasi belakang paddock sirkuit COTA di Austin, Amerika, jelang seri Grand Prix Americas pada 28-30 Maret 2025--Twitter Honda HRC Castrol - MotoGP @HRC_MotoGP
HARIAN DISWAY - Grand Prix Amerika 2025 di Circuit of The Americas (COTA) siap menghadirkan tantangan baru bagi para pembalap MotoGP! Dengan permukaan lintasan yang sebagian telah diperbarui, perbedaan ketinggian yang ekstrem, serta trek lurus panjang yang memungkinkan kecepatan lebih dari 350 km/jam, sirkuit di Austin, Texas, ini menjanjikan aksi balapan penuh drama.
Michelin pun telah menyesuaikan alokasi ban mereka untuk menghadapi karakteristik unik lintasan. Akankah rekor baru tercipta di MotoGP Austin tahun ini?
Circuit of The Americas (COTA), yang dibangun pada awal 2010-an di dekat Austin, Texas, telah menjadi tuan rumah MotoGP setiap tahun sejak 2013. Sirkuit ini memiliki kapasitas hingga 120.000 penonton dan lintasan sepanjang 5,513 km dengan 20 tikungan—terdiri dari 9 tikungan kanan dan 11 tikungan kiri.
Salah satu ciri khas COTA adalah perbedaan ketinggian yang signifikan, termasuk tanjakan setinggi 40 meter yang menantang di tikungan pertama.
Lintasan ini juga memiliki trek lurus sepanjang lebih dari 1.200 meter, memungkinkan pembalap mencapai kecepatan lebih dari 350 km/jam. Selain itu, ikon sirkuit ini, menara kontrol setinggi 49 meter, berdiri megah di bagian dalam tikungan ke-17.
BACA JUGA:Resmi! Grand Prix Valencia Tetap di Kalender MotoGP hingga 2031
BACA JUGA:MotoGP Gempar! Toprak Razgatlioglu Dikabarkan Tinggalkan BMW untuk Honda
Perubahan Permukaan Aspal dan Tantangan Baru
Pada musim ini, COTA menjadi seri ketiga dalam kalender MotoGP setelah balapan di Buriram (Thailand) dan Termas de Río Hondo (Argentina). Meskipun telah mengalami perbaikan di beberapa bagian, permukaan lintasan tetap menuntut perhatian khusus.
Baru-baru ini, COTA menjalani pengerjaan pelapisan ulang lintasan, terutama di sektor pertama dan terakhir. Aspal baru telah dipasang di antara tikungan 1, 2, 19, dan 20, serta di tikungan 11 dan 12.
Perbaikan ini berhasil menghaluskan sebagian besar ketidakrataan, tetapi karakter bergelombang tetap ada akibat ketidakstabilan tanah di bawahnya. Selain itu, aspal hitam baru yang digunakan meningkatkan suhu lintasan, yang dapat mempercepat keausan ban.
Menanggapi kondisi ini, Michelin menyesuaikan alokasi ban mereka untuk MotoGP Austin 2025. "Kami memiliki pemahaman yang baik tentang COTA, tetapi pengaspalan ulang di beberapa bagian serta perubahan cengkeraman lintasan menjadi tantangan baru tahun ini," ujar Piero Taramasso, Manajer Kompetisi Roda Dua Michelin.
BACA JUGA:Rumor Perpecahan Pedro Acosta dan KTM Memanas, Albert Valera Angkat Bicara
BACA JUGA:Ayah Pecco Bagnaia Jelaskan Situasi Anaknya, Tertekan oleh Marc Marquez?
Alokasi Ban Michelin untuk MotoGP Austin 2025
Michelin akan memperkenalkan seri terbaru mereka, Power Slick, untuk GP Austin 2025. Rincian alokasi ban adalah sebagai berikut:
-
Ban depan: Tersedia dalam tiga jenis kompon simetris—Lembut, Sedang, dan Keras. Tahun ini, ban keras telah diperbarui dengan kompon karet baru agar lebih adaptif terhadap karakteristik lintasan.
-
Ban belakang: Tersedia dalam dua jenis kompon asimetris—Lembut dan Sedang. Sisi kanan ban diperkuat untuk menghadapi tekanan tinggi akibat rangkaian tikungan 16, 17, dan 18.
“Kami mempertahankan ban depan dengan desain simetris karena lintasan COTA memberikan tekanan yang merata pada roda depan. Sementara itu, ban belakang diperkuat di sisi kanan untuk menahan tekanan khusus di trek ini. Tahun lalu, beberapa rekor berhasil dipecahkan di sirkuit ini, dan kami berharap dapat memberikan kondisi terbaik bagi para pembalap untuk kembali tampil maksimal," tambah Taramasso.
BACA JUGA:Miguel Oliveira Mundur dari GP Amerika, Yamaha Ubah Strategi
BACA JUGA:Rumor Pedro Acosta Pindah ke Tim Valentino Rossi Menguat
Untuk menghadapi potensi hujan, Michelin juga telah menyiapkan Power Rain dengan dua jenis kompon:
-
Ban depan: Soft dan Medium dengan desain simetris.
-
Ban belakang: Soft dan Medium dengan desain asimetris, dengan sisi kanan yang lebih keras untuk meningkatkan daya tahan.
Dengan alokasi ban yang telah disesuaikan secara cermat, Michelin berkomitmen untuk tetap menawarkan cengkeraman optimal serta memastikan keselamatan maksimal bagi para pembalap, apa pun kondisi lintasannya.
Jadwal Grand Prix Red Bull Amerika 2025
Grand Prix Red Bull Amerika 2025 akan dimulai pada Jumat, 28 Maret, dengan sesi latihan bebas pertama pukul 10:45 – 11:30 waktu setempat, diikuti oleh sesi latihan sore pukul 15:00 – 16:00. Sepuluh pembalap tercepat akan langsung lolos ke kualifikasi kedua (Q2).
Pada Sabtu pagi (10:10 – 10:40), sesi latihan bebas terakhir akan berlangsung, diikuti oleh Q1 yang memberi kesempatan bagi dua pembalap tambahan untuk lolos ke Q2. Posisi start akan ditentukan setelah sesi Q2 (11:15 – 11:30).
Lomba Tissot Sprint (10 putaran) akan digelar pada Sabtu pukul 15:00, sementara balapan utama Grand Prix (20 putaran) akan berlangsung pada Minggu, 30 Maret, pukul 14:00 waktu setempat.
Dengan tantangan baru akibat perubahan lintasan, serta kesiapan Michelin dalam menghadapi berbagai kondisi, Grand Prix Amerika 2025 di COTA diprediksi akan menjadi ajang yang menarik untuk disaksikan.
(Bagus Aji)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: