Mengenal Layanan Munakosah Asrama Haji, Permudah Akomodasi Ratusan Ribu Jemaah

Mengenal Layanan Munakosah Asrama Haji, Permudah Akomodasi Ratusan Ribu Jemaah

Layanan Munakosah memungkinkan jemaah lansia dan risiko tinggi untuk lebih mudah dalam pendataan dan penempatan di Asrama Haji-Kemenag-

HARIAN DISWAY - Pemerintah menerapkan sistem fast track dan munakosah di asrama haji. Hal tersebut diberlakukan demi memberikan kemudahan kepada para jamaah haji

Penyelenggaraan ibadah haji 1446 H/2025 M oleh pemerintah memasuki hari ketiga pada Sabtu, 3 Mei 2025.

Alhamdulillah, seluruh asrama embarkasi sudah siap 100 persen. Layanan berjalan lancar dan jamaah merasa terbantu, terutama dengan hadirnya Munakosah yang mempercepat proses masuk kamar tanpa harus menunggu lama," ujar Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Sesditjen PHU), Arfi Hatim, dalam konferensi pers Sabtu, 3 Mei 2025.

Arfi yang menyampaikan konferensi pers Kabar Haji Indonesia di Jakarta menyampaikan, mulai tahun ini, Kemenag membuat inovasi digital layanan asrama haji yang dinamakan Munakosah (Manajemen Unit Layanan Akomodasi asrama haji). 

BACA JUGA:Haji 2025 Lebih Mudah, Digitalisasi Asrama dan Fast Track Bebaskan Jamaah dari Antrean

Program Munakosah di asrama haji merupakan inovasi digital yang diperkenalkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia pada musim haji 2025. Munakosah adalah singkatan dari Manajemen Unit Layanan Akomodasi Asrama Haji, yang bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah proses penempatan akomodasi bagi jemaah haji, termasuk jemaah prioritas dan lansia, saat berada di asrama haji.


Layanan munakosah dan fast track menjadi inovasi yang diandalkan oleh Kemenag untuk penyelenggaran haji tahun ini -Kemenag-

Tujuan dan Manfaat Munakosah

Munakosah dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan jemaah haji dengan hal-hal berikut. 

Pemberitahuan Dini Akomodasi: Jemaah menerima informasi mengenai gedung dan nomor kamar melalui Surat Perintah Masuk Asrama (SPMA) yang dibagikan dua hari sebelum keberangkatan. 

Akses Informasi Digital: Jemaah dapat mengakses informasi akomodasi melalui situs web asramahaji.com dengan memindai QR code pada tanda pengenal atau memasukkan nomor porsi. 

Pengelolaan Tas Kabin: Informasi akomodasi memungkinkan petugas untuk menempatkan tas kabin jemaah langsung ke kamar masing-masing sebelum kedatangan, sehingga jemaah tidak perlu membawa tas kabin ke aula registrasi. 

BACA JUGA:Fast Track Madinah Lancar, Jamaah Haji Kloter Pertama Tiba di Bandara Madinah

Dampak Positif Munakosah

Layanan digital munakosah memungkinkan jemaah mengetahui tempat di asrama haji sejak H-2-Kemenag-

Dengan implementasi Munakosah, proses penerimaan jemaah menjadi lebih cepat dan tertib. Jemaah dapat langsung menuju kamar mereka tanpa harus menunggu lama atau membawa tas kabin ke aula registrasi. Hal ini memberikan waktu istirahat yang lebih panjang bagi jemaah sebelum keberangkatan ke Tanah Suci. 

Munakosah juga memberikan kemudahan bagi keluarga jemaah untuk mengetahui penempatan akomodasi jemaah di asrama haji. Inovasi ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Agama untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan jemaah haji Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: