Kemendag Panggil Mecimapro dan Tiket.com Imbas Kekacauan Konser DAY6

Kemendag Panggil Mecimapro, Tiket.com & APMI Imbas Kekacauan Konser DAY6--Instagram @day6kilogram
"Kemendag menindaklanjuti pengaduan konsumen, khususnya pembeli tiket konser musik Day6, yang merasa dirugikan," tegas Direktur Jenderal PKTN Moga Simatupang.
"Kami telah bertemu dan meminta klarifikasi Mecimapro selaku penyelenggara konser musik tersebut dan tiket.com selaku penjual tiket. Langkah ini diambil sebagai peningkatan perlindungan konsumen sebagai wujud kehadiran pemerintah dalam melindungi konsumen Indonesia," paparnya.
Surat pernyataan Kemendag setelah memanggil promotor konser Day6, Mecimapro, tiket.com, dan APMI--X @Kemendag
Konsumen yang merasa dirugikan juga diimbau untuk melapor ke Direktorat Pemberdayaan Konsumen dengan bukti pendukung.
Mecimapro sendiri telah menyampaikan permintaan maaf secara terbuka kepada para penggemar dan pihak terkait atas kekacauan konser DAY6 pada Rabu, 7 Mei 2025.
"Kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas segala ketidaknyamanan yang terjadi selama pelaksanaan konser, termasuk perubahan lokasi acara. Dengan tulus, kami ingin meminta maaf atas gangguan dan kekecewaan yang Anda alami," tulis Mecima dalam pernyataannya.
Dalam pernyataannya, promotor juga mengaku masih menunggu arahan dari otoritas terkait untuk menyelesaikan masalah refund dan isu-isu lain yang beredar di media sosial.
BACA JUGA:Day6 Siap Bikin Galau Surabaya, Ini 7 Lagu yang Wajib Dihafal MyDay
BACA JUGA:Prediksi Setlist Konser Day6 Konser di Indonesia, Diawali Best Part dan Ditutup Welcome to The Show
Mereka juga berjanji akan memberikan perkembangan terbaru setelah melakukan diskusi dengan pemerintah dan asosiasi promotor.
Tuntutan Transparansi
10 Kontroversi Konser DAY6 di Jakarta yang Bikin My Day Elus Dada, Promotor Mecima Pro Hanya Diam Seribu Bahasa? Foto: My Day bagikan tanggapan usai mendapat email pemberitahuan refund tiket dari platform tiket.com--X @sugarstix_
Sementara itu, tiket.com sebagai penjual tiket juga diminta memberikan klarifikasi dan memastikan proses pengembalian dana berjalan transparan. Konsumen yang membeli tiket melalui tiket.com akan dikembalikan dananya sampai dengan 14 Mei 2025.
Berdasarkan catatan Ditjen PKTN, aduan yang masuk tidak hanya soal refund, tapi juga terkait perubahan lokasi konser yang berdampak pada banyak aspek.
Puncaknya terjadi pada hari konser, Sabtu, 3 Mei 2025. Hujan deras dan angin kencang menerjang lokasi. Para MyDay (atau My Day, sebutan fans Day6) menunggu berjam-jam di luar stadion di bawah tenda. Sedangkan beberapa tenda roboh karena tidak mampu menahan genangan air hujan.
Penonton yang sudah merencanakan perjalanan dan akomodasi merasa dirugikan secara finansial dan emosional. Pemerintah pun mengingatkan agar promotor dan penjual tiket lebih profesional dalam mengelola acara besar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: kemendag