5.051 Barang Tertinggal di Kereta pada Januari-Mei 2025, Ini Cara Lapor ke KAI

Suasana Stasiun Pasarsenen ramai dipadati penumpang. KAI Daop 1 selalu menyediakan kereta tambahan di lubur hari besar.-KAI-
SURABAYA, HARIAN DISWAY - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat sebanyak 5.051 barang tertinggal milik penumpang.
Barang-barang milik penumpang itu ditemukan di stasiun kereta api sepanjang Januari hingga Mei 2025.
”Total nilai keseluruhan barang tersebut mencapai Rp5,96 miliar,” ujar Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, Selasa, 10 Juni 2025.
Dari jumlah itu, 1.802 item tergolong barang berharga. Seperti ponsel, laptop, dompet, perhiasan, hingga dokumen penting.
Anne Purba mengatakan, temuan ini menjadi indikator tingginya mobilitas penumpang.
BACA JUGA:Okupansi Kereta Api di Daop 8 Surabaya Capai 77 Persen Selama Libur Iduladha
BACA JUGA:Masinis Indonesia Resmi Jalankan Kereta Cepat Whoosh
”Di tengah keramaian dan kelelahan perjalanan, seringkali pelanggan lupa memeriksa kembali barang bawaannya sebelum turun,” ujar Anne.
KAI pun terus meningkatkan sistem penanganan barang tertinggal agar penumpang tetap merasa aman dan nyaman.
Cara Mengadukan Kehilangan Barang ke KAI
Penumpang yang kehilangan barang dapat langsung menghubungi layanan pelanggan melalui Contact Center 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau datang ke loket stasiun terdekat.
Barang non-bernilai seperti charger, pakaian, dan botol minum juga tetap ditangani dengan baik, meskipun prioritas utama adalah mengembalikan barang bernilai tinggi kepada pemiliknya.
”Kami akan bantu semaksimal mungkin. Sepanjang data dan ciri barang sesuai, proses pengambilan sangat mudah dan tidak dikenakan biaya apa pun,” tambah Anne.
BACA JUGA:Kereta Api Jadi Primadona Mudik, Penumpang Arus Balik Membludak di Stasiun Pasar Turi Surabaya
BACA JUGA:Surabaya Siapkan 6 Flyover Baru Sambut Kereta Listrik SRRL 2027, Ini Titik dan Manfaatnya
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: