KidZania Surabaya Tingkatkan Kesiapsiagaan Kolaborator Melalui Pelatihan Tanggap Darurat

KidZania Surabaya Tingkatkan Kesiapsiagaan Kolaborator Melalui Pelatihan Tanggap Darurat

Pelatihan tahunan Refreshment Emergency Response di area wahana bermain KidZania dan melibatkan seluruh kolaborator, bekerja sama dengan PT Safety And Environment (PT SAE) sebagai pihak pemberi materi.-Humas Kidzania-

HARIAN DISWAY — Sebagai bagian dari komitmen dalam menjamin keselamatan dan keamanan pengunjung serta kolaborator, KidZania Surabaya kembali menyelenggarakan program pelatihan tahunan Refreshment Emergency Response. Pelatihan ini digelar langsung di area wahana bermain KidZania dan melibatkan seluruh kolaborator, bekerja sama dengan PT Safety And Environment (PT SAE) sebagai pihak pemberi materi.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan kesiapan KidZania Surabaya dalam menghadapi potensi bencana, seperti gempa bumi dan kebakaran, yang dapat terjadi sewaktu-waktu di area publik termasuk taman bermain anak. Melalui pelatihan ini, para kolaborator diberikan pemahaman dan keterampilan teknis mengenai penanganan kondisi darurat secara cepat dan tepat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan kolaborator dalam mengantisipasi serta menghadapi situasi darurat,” ujar Tarno Darwan, Direktur Utama KidZania Surabaya, dalam pernyataannya.

Pelatihan disampaikan langsung oleh dua instruktur berpengalaman, Eko Wahyudi dan Markus Selsata Saka Pandawa, yang membawakan sesi teori dan praktik mencakup simulasi penanganan gempa bumi, kebakaran gedung, penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), pengoperasian hydrant, hingga teknik evakuasi. Materi juga mencakup pentingnya sistem deteksi dini serta prosedur komunikasi darurat yang wajib dipahami seluruh staf.

BACA JUGA:HUT Surabaya ke-732, KidZania Ajak Anak-Anak Menari Remo

BACA JUGA:Warga Kota Kidzania Surabaya: Asyiknya Jadi Penyiar Gen FM

Selain sebagai bentuk rutinitas tahunan, kegiatan ini juga menjadi sarana edukasi penting untuk membangun kesadaran bahwa penanganan darurat bukan sekadar tugas satu pihak, melainkan tanggung jawab kolektif.

“KidZania Surabaya merupakan wahana bermain edukasi yang mengedepankan kepentingan visitor atau pengunjungnya, dengan menjaga keamanan dan kenyamanan, terutama untuk anak-anak,” tambah Tarno Darwan. Ia menegaskan bahwa aspek keselamatan akan selalu menjadi prioritas utama, mengingat target pengunjung KidZania adalah anak-anak dan keluarga.

Dalam pelatihan ini, para peserta juga diberi kesempatan untuk melakukan simulasi langsung, agar mereka bisa merespons dengan refleks cepat jika kejadian sebenarnya terjadi. Dengan demikian, pelatihan ini menjadi langkah preventif untuk meminimalisir risiko dan dampak buruk dari keadaan darurat.


Peserta program pelatihan tahunan Refreshment Emergency Response di area wahana bermain KidZania dan melibatkan seluruh kolaborator, bekerja sama dengan PT Safety And Environment (PT SAE) sebagai pihak pemberi materi.-Humas Kidzania-

Sebagai informasi, KidZania Surabaya merupakan taman bermain edutainment bertaraf internasional yang mengusung konsep “kota mini” bagi anak-anak. Di area seluas 4.500 meter persegi di Lagoon Avenue Sungkono Mall, tersedia 45 establishment dan lebih dari 100 aktivitas profesi seperti dokter, pilot, ilmuwan, hingga arkeolog yang bisa dimainkan anak-anak usia 2–16 tahun.

Melalui kegiatan pelatihan tanggap darurat ini, KidZania Surabaya berharap seluruh elemen operasional—khususnya kolaborator—akan semakin siap menghadapi situasi genting, serta dapat menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan edukatif bagi seluruh pengunjung. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: