Cheng Yu Pilihan Owner Satoria Group Alim Satria: Qiao Fu Nan Wei Wu Mi zhi Chui

Cheng Yu Pilihan Owner Satoria Group Alim Satria: Qiao Fu Nan Wei Wu Mi zhi Chui

--

ALIM Satria paham betul bahwa, sebagaimana pepatah kesukaannya, "巧妇难为无米之炊" (qiǎo fù nán wéi wú mǐ zhī chuī): sepintar-pintarnya wanita memasak, tidak akan bisa menanak nasi tanpa beras. 

 

"Ungkapan ini adalah metafora. Seperti orang yang kekurangan sumber daya, tidak peduli seberapa mampu atau bertalentanya mereka, tetap tidak akan bisa berbuat apa-apa," terang pendiri sekaligus pemilik Satoria Group tersebut.

 

"Sebaliknya, ambil contoh beras dan nasi tadi. Betapapun kikuk atau tidak ahlinya seorang istri, asal berasnya ada, pasti akan bisa dimasak menjadi nasi juga," lanjut Satria yang notabene kolektor lukisan old master.

 

Karena itu, Satria menegaskan, kita tidak boleh putus asa ketika menghadapi masalah. Harus 

menggunakan kecerdikan dan melakukan segala kemungkinan untuk mendapatkan "beras" atau hal-hal lain untuk diolah. Tetaplah bersikap positif dan proaktif. 

 

Mungkin kita bisa berkaca dari bahasa Mandarinnya krisis: "危机" (wēi jī). Terdiri dari dua huruf yang kalau dipecah masing-masing akan berarti marabahaya ( wēi) dan peluang ( jī). Dalam artian, akan selalu ada kesempatan dalam tiap kesempitan. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya.

 

Namun, yang pasti dan yang terpenting, kata Konfusius, "富与贵,是人之所欲也;不以其道得之,不处也。贫与贱,是人之所恶也;不以其道得之,不去也" (fù yǔ guì, shì rén zhī suǒ yù yě; bù yǐ qí dào dé zhī, bù chù yě. Pín yǔ jiàn, shì rén zhī suǒ è yě; bù yǐ qí dào dé zhī, bù qù yě). 

 

Yang artinya: Kaya dan berkedudukan tinggi adalah keinginan setiap orang. Tapi, kalau tidak dapat dicapai dengan jalan suci, janganlah ditempati. Miskin dan berkedudukan rendah tidak diinginkan semua orang. Tapi, kalau tidak dapat dientaskan dengan jalan suci, janganlah dijauhi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: