Quartararo Siapkan Kejuatan di MotoGP Austria, Fokus Istirahat dan Pembaruan Elektronik

Fabio Quartararo, saat di dalam paddock tim Yamaha Monster Energy. --Twitter Moto&GPaddict @MotoetGPaddict
HARIAN DISWAY - Fabio Quartararo tiba di GP Austria dengan fokus penuh, mengandalkan jeda tiga pekan untuk memulihkan fisik dan mempersiapkan Yamaha YZR-M1.
Dengan tambahan fitur Unit Kontrol Stabilitas, ia optimistis jika pembaruan elektronik ini bisa menjadi kunci untuk memperkecil jarak dengan para rival di paruh kedua MotoGP 2025.
Tidak ada sedikit pun keraguan dalam menatap paruh kedua musim. “Saya lebih suka tidak melihat ke belakang,” ujarnya.
Pembalap asal Prancis itu memanfaatkan jeda kompetisi dengan berlibur selama seminggu setelah GP Brno, kemudian dua minggu di rumah untuk berlatih fisik dan berkendara secara mandiri sekaligus untuk bersantai.
Tujuannya jelas: bahwa Quartararo bertekat mengembalikan Yamaha YZR-M1 ke posisi kompetitif di sirkuit Red Bull Ring, sirkuit yang menuntut teknik pengereman optimal.
BACA JUGA:Quartararo vs Yamaha: Antara Setia dan Impian Juara yang Terus Tertunda
BACA JUGA:Perombakan Besar Yamaha di MotoGP 2026: Siapa Bertahan, Siapa Tersingkir?
Quartararo bahkan menolak tawaran untuk mengikuti Balap Ketahanan Suzuka 8 Jam. Ia memilih memanfaatkan waktu istirahat untuk menyegarkan kondisi fisiknya, dengan prioritas penuh pada proyek Yamaha dan peningkatan performa dari pekan ke pekan.
Dalam hal pengembangan, Quartararo tidak ambil bagian dalam uji coba di Sirkuit Barcelona (30–31 Juli). “Saya lebih suka mengujinya sendiri. Bukan karena tidak percaya, tapi saya ingin merasakan langsung perkembangan motor dari stang, dengan pengarahan teknis yang akan dibahas dalam rapat tim sebelum turun ke trek,” jelasnya.
Menjelang GP Austria, Quartararo tetap realistis. Ia mengakui bagian depan M1 sangat membantunya mengendalikan motor, namun sektor belakang masih memiliki banyak kekurangan.
Dalam analisisnya, sektor ke-4 dan ke-1 cocok untuk Yamaha, sementara saat melaju di lintasan lurus akan tetap menjadi tantangan utama.
BACA JUGA:Tarung Rem! Teknisi Brembo Beradu di MotoGP Austria 2025
BACA JUGA:Somkiat Chantra Absen lagi, Aleix Espargaro Resmi Turun di MotoGP Austria dan Hungaria
Kabar besar di paruh kedua musim ini adalah penerapan Unit Kontrol Stabilitas di semua motor balap. Fitur ini bertujuan meningkatkan keselamatan pembalap saat motor mengalami 'Crash', dengan mengurangi torsi mesin ketika ban tergelincir. Sistem ini sangat berbeda dari 'traction control' yang hanya merespons putaran ban yang berlebih.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: