Fairing Baru Ducati GP25 Jadi Sorotan di Tes Pirelli Misano

Michele Pirro (51), saat pengujian ban Pirelli di Sirkuit Misano Selasa 16 September, tampak Ducati GP25 sudah menggunakan model fairing baru dengan winglet sederhana--Twitter Allesio Piana @AllesioPiana130
HARIAN DISWAY - Tes ban Pirelli di Misano bukan sekadar uji coba, tetapi juga panggung kejutan dari Ducati yang menghadirkan GP25 dengan fairing baru dan winglet minimalis.
Sesi tes pabrikan ban Pirelli di Misano, Selasa kemarin telah usai. Pabrikan ban asal Italia itu dipastikan telah siap memulai era baru MotoGP mulai 2027. Tes tersebut hanya melibatkan lima pembalap uji dari masing-masing pabrikan motor.
Kelima pembalap uji itu mengendarai motor reguler mereka di 2025, seperti Michele Pirro (Ducati GP25), Augusto Fernandez (Yamaha YZR-M1), Dani Pedrosa (KTM RC16), Takaaki Nakagami (Honda RC213V), dan Lorenzo Savadori (Aprilia RS-GP).
Meski menjadi sesi perdana pengujian ban untuk tahun 2027, Pirelli masih menggunakan referensi motor reguler musim ini.
Seperti biasanya, data balap di tes ini akan digunakan untuk merevisi kebutuhan kompon ban yang sesuai untuk tantangan di era baru MotoGP 2027.
Menurut rumor yang beredar, uji ban dari Pirelli ini akan berlanjut di sepanjang 2026, sekiranya empat atau lima uji lagi, sebelum benar-benar siap untuk 2027.
BACA JUGA:MotoGP San Marino 2025: Marc Marquez Jelaskan Penyebab Jatuh di Sprint Race
BACA JUGA:Era Baru Yamaha MotoGP: Fernandez Antar M1-V4 ke Panggung Dunia
Namun, ada yang menarik dari motor Ducati GP25 yang ditunggangi Michele Pirro, karena Ducati GP25 yang diturunkan di Misano tampil dengan model fairing baru.
Model fairing baru itu terlihat sudah menggunakan winglet yang lebih kecil, ini mengingatkan kita dengan model fairing di motor Ducati Panigale V4 yang digunakan di kejuaraan WSBK.
Apakah ini sebuah pengujian yang ditengarai merupakan respons Ducati mengenai aturan MotoGP baru mulai 2027? Belum ada rilis resmi dari Ducati, terkait model fairing baru di GP25.
Secara visual, ukurannya tampak sesuai dengan aturan baru, yakni pengurangan lebar 25 mm di tiap sisi, sehingga total lebar berkurang 50 mm, dari 600 mm menjadi 550 mm.
Kemungkinan besar, fairing ini bukanlah desain final untuk tahun 2027, melainkan adaptasi dari model yang digunakan Ducati Desmosedici GP25 dan GP24.
BACA JUGA:Drama MotoGP: Il Professor Alberto Giribuola Gabung Pramac Yamaha 2026
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: