Era Baru Yamaha MotoGP: Fernandez Antar M1-V4 ke Panggung Dunia

Augusto Fernandez (7), saat menjalani sesi Practice Race GP-MISANO pada hari Jumat--Twitter Monster Energy Yamaha MotoGP @YamahaMotoGP
HARIAN DISWAY - Yamaha resmi meluncurkan motor prototipe M1-V4 di MotoGP San Marino 2025, Kamis malam, 11 September 2025.
Augusto Fernandez tampil sebagai pusat perhatian usai debut bersejarahnya sebagai wildcard yang menandai era baru bagi pabrikan asal Iwata tersebut di MotoGP.
Setelah menjalani dua sesi Latihan resmi pertamanya dengan motor baru di Sirkuit Misano, Augusto Fernandez mengaku sangat menikmati momen bersejarah tersebut. Ia juga menilai motor barunya cukup kompetitif.
Yamaha menurunkan lima pembalap di ajang MotoGP San Marino 2025. Empat pembalap reguler, yakni Fabio Quartararo, Alex Rins, Miguel Oliveira, dan Jack Miller, turun dengan mesin M1 bermesin empat silinder segaris.
BACA JUGA:Yamaha Buka Rahasia YZR V4: Aero Baru dan Knalpot Undertail untuk Musim 2026
BACA JUGA:Drama MotoGP: Il Professor Alberto Giribuola Gabung Pramac Yamaha 2026
Sementara itu, pembalap penguji Augusto Fernandez mendapat kesempatan pertama menguji M1-V4 di balapan resmi.
Sebelumnya, Fernandez sudah beberapa kali menjajal M1-V4 dalam sesi uji coba privat di berbagai karakter trek. Namun, berkompetisi dengan prototipe baru di bawah tekanan penuh balapan, jelas merupakan sebuah pengalaman berbeda.
Augusto Fernandez Bersama Yamaha Sampai 2027
Dalam acara tersebut, juga diumumkan perpanjangan kontrak Fernandez hingga akhir 2027. Sebagai pembalap wildcard, penampilan Fernandez langsung menjadi sorotan ketika ia keluar dari pit untuk kali pertama dengan Yamaha M1-V4 pada pukul 10.45 pagi.
"Sejujurnya, saya sangat menikmati sorotan media. Bahkan saat menjadi Juara Dunia Moto2, saya tidak mendapat perhatian sebesar ini," ucap Fernandez, lantas tertawa.
BACA JUGA:Debut Mesin V4 Yamaha di MotoGP Misano 2025, Risiko Besar dan Harapan Quartararo
BACA JUGA:Quartararo vs Yamaha: Antara Setia dan Impian Juara yang Terus Tertunda
Sayangnya, di tengah sesi, ia harus memarkir motornya di sisi lintasan karena masalah elektronik. Meski begitu, ia mampu finis di posisi ke-21 dengan selisih 1,195 detik dari Franco Morbidelli (VR46 Ducati). Sebuah hasil yang cukup positif untuk motor yang masih dalam tahap awal pengembangan.
Pada sesi Jumat sore, Augusto Fernandez mampu menempati posisi ke-19, YZR M1-V4 hanya tertinggal 1,198 detik dari catatan waktu Marc Marquez.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: berbagai sumber