HIMA MKSB dan Basasindo FIB UNAIR Gelar Seminar Kilas Balik 90-an, Saat Nostalgia Jadi Gaya Hidup Baru Gen Z
Tren Fashion 90-an yang ramai digunakan oleh generasi z saat ini menjadi topik yang menarik bagi mahasiswa Kajian Bahasa dan Sastra Budaya FIB UNAIR.-Pinterest-
HARIAN DISWAY - Siapa sangka, tren yang paling populer di kalangan Gen Z justru datang dari masa lalu. Ya, gaya tahun 1990-an kini kembali jadi sorotan. Bukan hanya dalam musik dan film, tapi juga dalam cara berpakaian, berinteraksi, bahkan berpikir.
Fenomena itu dibahas dalam seminar bertajuk "Kilas Balik 90-an: Nostalgia, Media, dan Identitas Anak Muda".
Digelar oleh Himpunan Mahasiswa Magister Kajian Sastra dan Budaya bersama HIMA Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga, Jumat, 24 Oktober 2025 di Aula M. Hatta Kampus B UNAIR.
Salah seorang pemateri Fatikha Mayani, mahasiswa Magister Kajian Sastra dan Budaya FIB UNAIR, mengangkat topik menarik tentang bagaimana nostalgia dan budaya digital saling memengaruhi di era modern.
“Lucunya, banyak anak muda yang justru meromantisasi era yang belum pernah mereka alami. Mereka hidup di era serba cepat, tapi menemukan ketenangan dalam hal-hal yang sederhana dari masa lalu," katanya.
Di TikTok dan Instagram, konten bertema 90-an bermunculan tanpa henti. Mulai dari Outfit of the Day (OOTD) retro, thrift haul, hingga video Get Ready With Me dengan iringan lagu-lagu lawas dari Dewa 19 atau Sheila on 7.
Semua itu bukan sekadar ikut tren. Tapi jadi cara Gen Z mengekspresikan diri dan menunjukkan identitas mereka di dunia digital.
Menurut Fatikha, hal itu merupakan bentuk baru dari pencarian makna. “Anak-anak muda sekarang berusaha membangun jati diri lewat simbol masa lalu. Mereka menciptakan ruang aman di tengah banjirnya informasi modern,” jelasnya.
BACA JUGA:UNAIR Siapkan Mekanisme Baru Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2026, TKA Akan Jadi Kunci di Jalur SNBP

Peserta seminar kolaborasi Kilas Balik 90-an yang digelar oleh HIMA MKSB dan HIMA Basasindo FIB UNAIR 2025 mayoritas merupakan generasi Z yang menjadi pelaku dari tren fashion 90-an di media sosial.-Nazwarahma-HARIAN DISWAY
Yang menarik, tren itu ternyata juga punya sisi sosial. Di tengah tekanan dunia digital yang cepat dan kompetitif, nostalgia jadi ruang refleksi dan pelarian yang sehat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: