Ketika Game-Game Indie Mengalahkan Game Triple A, Apa Yang Sebenarnya Terjadi?

Ketika Game-Game Indie Mengalahkan Game Triple A, Apa Yang Sebenarnya Terjadi?

Hollow Knight Silksong, game indie yang dinanti para gamer. --Rogallylife

HARIAN DISWAY — Industri game global sedang berada di titik yang aneh. Studio besar berguguran, PHK terjadi di mana-mana, dan game AAA (triple A, artinya game yang dirilis oleh publisher besar dengan dana produksi jumbo) yang dulu dielu-elukan sebagai mahakarya kini banyak yang tumbang sebelum mencapai hype-nya.

Salah satu kasus yang paling ramai terkait pemecatan karyawan adalah Rockstar Games. Kurang lebih 200 karyawan di-PHK secara sepihak karena diduga melakukan pembocoran informasi. Belum lagi banyak studio besar yang disasar hujatan gamer karena dirasa tak becus menggarap game.

Misalnya Bethesda atau Halo Studio (sebelumnya 343 Industries), pemegang hak atas game legendaris Halo. Semenjak ulang tahun franchise Fallout beberapa waktu lalu, mereka mendapat kecaman karena hanya 'merombak' game lawas tanpa ada game baru. Atau melakukan milking habis-habisan dari Halo: Combat Evolved yang dirasa gamer sudah keterlaluan.

Namun di tengah hiruk pikuk itu, ada satu fenomena yang justru makin mencolok. Ya, game indie bangkit ke permukaan. Mereka kecil, mandiri, dan sering kali dibuat oleh tim yang bisa dihitung dengan jari.

BACA JUGA:GTA 6 Dinilai Tak Akan Selamatkan Industri Gim yang Sedang Terpuruk

BACA JUGA:GTA 6 Ditunda Lagi, Take-Two Interactive dan Rockstar Fokus Memoles Detail dalam Game


Kasus pemecatan karyawan dari Studio Rockstar Games adalah salah satu bukti industri game sedang tak baik-baik saja. --Rockstar Games

Tetapi gema keberadaannya justru terdengar sampai ke seluruh dunia. Dalam dunia yang serba megah dan mahal, kesederhanaan justru kembali berjaya.

Ambil contoh Hollow Knight: Silksong. Game ini bukan sekadar judul yang dinantikan, tetapi hampir berubah menjadi legenda internet karena lamanya penantian. Tetapi bukan itu yang membuatnya digdaya. Gameplay Silksong adalah perpaduan seni dan sistem pertarungan yang presisi.

Pergerakan cepat, map luas bercabang, hingga mekanik khas Metroidvania membuatnya bukan hanya sekadar sekuel, melainkan evolusi. Jumlah pemain Hollow Knight pertama di PC saja sudah menembus jutaan, dan setiap update kecil tentang Silksong selalu menjadi trending.

Ini yang membuat game indie berbeda. Mereka berhasil memikat bukan dengan CGI brutal, tapi dengan dunia yang hidup dan mekanik yang memuaskan.

BACA JUGA:Hollow Knight: Silksong, Penantian Panjang yang Penuh Misteri

BACA JUGA:Mod Baru Crest Master Hadirkan Tingkat Kesulitan Ekstrem pada Hollow Knight: Silksong

Contoh lain yang lebih “sunyi”, tetapi dampaknya juga terasa adalah Stardew Valley. Game ini dibuat oleh satu orang. Ya, hanya satu orang. Ia adalah ConcernedApe. Perancang dunia pertanian kecil yang hangat, penuh kejutan, penuh emosi. Tidak ada ray tracing. Tidak ada efek partikel seperti game AAA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: