Cheng Yu Pilihan Pemilik Sido Muncul Irwan Hidayat: Si Sheng You Ming, Fu Gui zai Tian

Senin 09-05-2022,09:38 WIB
Reporter : Novi Basuki & Annie Wong
Editor : Tomy C. Gutomo

DITEMUI di kantornya di Jakarta beberapa bulan lalu, Irwan Hidayat mengatakan kesuksesannya semata-mata karena Tian yi (天意): takdir/rencana/berkat Tuhan. Tak ada yang lain.

Pemilik Sido Muncul tersebut berkisah, waktu kecil sering sakit-sakitan. "Karena begitu, saya kemudian diambil anak oleh nenek saya. Nenek mendirikan Sido Muncul. Logonya foto saya sama beliau. Yang terus dipakai sampai sekarang. Singkat cerita, saya kemudian mewarisi perusahaan ini," tuturnya.

Ajaran Tiongkok klasik, terutama yang bersumber dari falsafah Konfusius, memang sangat memercayai takdir. Persis seperti Islam yang mengimani qada dan qadar. Zixia 子夏, salah seorang murid terpenting Konfusius, pernah berujar, "死生有命,富贵在天" (sǐ shēng yǒu mìng, fù guì zài Tiān): hidup dan mati adalah nasib, kaya dan mulia adalah takdir Tuhan.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Owner Kapal Api Soedomo Mergonoto: Shuo Zhe Wu Xin, Ting Zhe You Yi

Dalam artian, senyampang belum ditemukan teknologi yang bisa menjadikan hidup abadi, semua yang bernapas pada akhirnya akan mati. Tidak akan ada Ouroboros, ular yang selamanya berputar-putar memakan ekornya sendiri –yang melambangkan keabadian– dalam mitologi Yunani.


Lukisan yang dipersembahkan Irwan Hidayat kepada ibunya. -Instagram @irwansido-

Namun, menjadikan manusia kaya atau sebaliknya, sekalipun merupakan hak prerogatif Tuhan, tapi Tuhan agaknya masih melihat usaha manusia terlebih dahulu untuk memutuskannya. Dalam bahasa Alqur'an, Innallaha la yughayyiru maa biqaumin hatta yughoyyiru ma bi anfusihim (Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum, sampai mereka sendiri yang mengubahnya).

Masalahnya, bagaimana cara mengubah nasib/takdir? Bertepatan dengan harlah ke-70 Sido Muncul pada 11 November 2021 kemarin, Irwan mencuit lima ajaran pokok Konfusius melalui Twitter-nya: "Kebajikan - 仁 (ren), kebenaran - 義 (yi), dapat dipercaya - 信 (xin), kepatuhan - 禮 (li), kebijaksanaan - 智 (zhi)."

Boleh jadi, selain takdir Tuhan, itulah yang diamalkan Irwan hingga dirinya dan perusahaannya bisa bernasib luar biasa hoki seperti saat ini. (*)

 

Kategori :