Kontributor Harian Disway, Bud Wichers, Berlindung di Balik Mobil Saat Bom Rusia Diledakkan

Sabtu 04-06-2022,13:58 WIB
Reporter : Salman Muhiddin
Editor : Salman Muhiddin

Mereka mewaspadai mata-mata Rusia. Mereka bisa menyamar sebagai apa saja. Termasuk sebagai jurnalis. 

Yang melintasi perbatasan harus menunjukkan semua dokumen lengkap. Untungnya Budi sudah memiliki surat khusus yang dikeluarkan pemerintah Ukraina. Hanya jurnalis dengan surat itu yang boleh masuk ke medan perang.

Budi mengenalkan dirinya sebagai warga kelahiran Indonesia berkebangsaan Belanda setiap bertemu warga di perbatasan. Cara itu juga ia terapkan saat kunjungan liputan pertamanya agar ada bahan obrolan.

Namun, tetap saja banyak yang tidak tahu soal Indonesia. Mereka baru paham saat Budi menyebut Bali. Akan ada agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Pulau Dewata. “And I tell them Zelensky is invited later this year to Bali for G20 (Aku memberi tahu mereka bahwa Zelensky diundang pada akhir tahun nanti ke Bali untuk G20, Red),’’ katanya.

Zelensky sudah menanggapi undangan itu. Ia meminta maaf tidak bisa ke Bali. Hal tersebut terungkap dalam diskusi yang digelar Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) pekan lalu. “Saya harus bersama rakyat, tetapi akan bergabung secara daring,” kata ujar Zelensky.

Negara-negara barat berharap Presiden Rusia Vladimir Putin tidak diundang pada G20 yang digelar pada 15-16 November 2022 itu. Namun, Presiden Joko Widodo tetap mengundang Putin.

Jokowi sempat menyatakan bahwa Putin menyatakan sanggup hadir di Bali. Amerika Serikat, Inggris, Australia, Polandia, Kanada dan Uni Eropa kecewa dengan keputusan itu. Mereka mendorong agar Indonesia mengecualikan Rusia dalam forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU) itu.

Namun Jokowi tetap mengundang Putin atas alasan prosedural. Indonesia juga berharap dua presiden yang sedang berseteru itu bisa membahas perdamaian di Bumi Nusantara. Namun, upaya mempertemukan Zelensky dan Putin di Indonesia itu sepertinya mustahil. (*)

 

Ukraina Dilanda Krisis Makanan dan Air Bersih, baca besok (*)

 

 

Kategori :