Resensi Drakor Gaus Electronic: Kapan Lagi Melihat Kwak Dong-yeon Melawak?

Senin 17-10-2022,11:54 WIB
Reporter : Sarah Adelia
Editor : Retna christa

GAUS ELECTRONIC merupakan drama komedi terbaru ENA yang tayang mulai 30 September lalu. Mengisahkan tentang tim marketing sebuah perusahaan elektronik multinasional. Tim pemasaran itu begitu payah. Hingga sering menjadi bahan ejekan tim lain.

Pada awalnya, saya sempat tidak percaya drama ini bergenre komedi. Sebab, ada tokoh manajer yang akan bunuh diri. Ternyata, manajer itu sedang nge-prank anggota timnya. Alih-alih bunuh diri, ia melarikan diri dari Gaus Electronic. Hanya karena dipindah mengepalai tim pemasaran yang payah tadi.

Setelah resign tanpa pemberitahuan itu, ia malah melaporkan penggelapan dana yang terjadi di perusahaan itu kepada media. Markas besar Gaus Electronic pun digeledah kejaksaan. Namun, tak seorang pun yang sudi menengok tim pemasaran 3 yang payah tadi. Saking payahnya.

Namun, masalah tiba-tiba muncul. Gara-gara video promo yang buruk sekali—buatan tim pemasaran 3, tentunya—terunggah untuk umum. Padahal, oleh pembuatnya, Lee Sang-sik (Kwak Dong-yeon), video itu maksudnya diunggah untuk pribadi. Video tersebut menimbulkan kontroversi. Hingga, para petinggi memutuskan untuk mengaudit tim pemasaran 3.

Debut First Lead

Setelah kerap muncul sebagai pemeran pendukung, akhirnya Kwak Dong-yeon berhasil mengamankan peran utama lewat Gaus Electronic. Ia membawakan karakter Lee Sang-sik, karyawan bagian marketing yang selalu ingin melakukan yang terbaik. Namun niatnya tak pernah berjalan mulus.


EKSPRESI LUCU Kwak Dong-yeon dalam salah satu adegan di Gaus Electronic. Ini adalah kali pertama ia menjadi pemeran utama sebuah drama, kebetulan langsung jenaka. -ENA-

Aksi-aksinya yang selalu failed justru berhasil menimbulkan simpati sekaligus tawa penonton pada saat bersamaan.

Ia, misalnya, berusaha membantu rekannya mengatasi problem video yang tak sengaja terunggah ke umum tadi. Bukannya membawa jalan keluar, perkataannya malah menjadi blunder yang membahayakan teman-temannya. Alhasil, Sang-sik diikat dan disembunyikan di sebuah ruangan oleh rekan-rekannya.

Saat diikat itu, ia tiba-tiba ingat punya janji kencan dengan cinta pertamanya, Hae-young (Lee So-hee).  Ia pun berusaha membuka lakban pada mulutnya serta mengambil ponsel untuk menghubungi Hae-young. Namun, lagi-lagi, tak ada yang berjalan mulus baginya. Niat awal ingin mengirim voice note, meminta Hae-young menunggu sebentar lagi, yang keluar malah makian. Kacau lah.

Merasa tak bisa tinggal diam, ia memutuskan mendobrak pintu dengan kondisi masih terikat. Brakk! Pintu terbuka. Namun, Sang-sik malah pingsan. Dengan lebam pada bibir dan matanya. Kencan? Lupakan saja…

Duo Tom and Jerry

Drama ini juga menyajikan dinamika pasangan utama layaknya Tom and Jerry. Yakni antara Sang-sik dengan Cha Na-rae (diperankan Ko Sung-hee), sesama marketing di Gaus Electronic. Karakter keduanya, entah kenapa selalu bentrok. Meski cewek, Na-rae kuat dan kasar. Dia kerap memarahi Sang-Sik. Sedangkan Sang-sik selalu bandel.

Namanya juga drama. Dunianya sempit. Setelah berusia 28 tahun, Na-rae akhirnya dapat hidup sendiri di sebuah apartemen. Tak disangka, ia bertetangga dengan Sang-sik. Dan, ya! Mereka juga ribut di apartemen. Melihat scene mereka, terkadang penonton jadi bersimpati pada Sang-Sik yang kerap kena semprot seniornya itu. Seakan apa yang dilakukan selalu salah. Tapi, bagaimana lagi? Sang-sik kadang juga bikin geregetan sih.

Tebakan mudahnya, keributan keduanya akan berujung pada romansa tipis-tipis. Tapi, menurut prediksi saya, meski romance, dinamika pasangan itu akan tetap kocak!

Full Komedi

Kalau melihat situasi di tim pemasaran 3, sulit membayangkan Gaus Electronic menjadi perusahaan multinasional yang begitu sukses. Bagaimana tidak? Orang-orangnya lawak semua! Tak ada yang bisa dipercaya. Hingga, muncullah karakter Baek Ma-tan (diperankan Bae Hyung-sung).


TATANAN RAMBUT KHAS Baek Ma-tan (Bae Hyung-sung), si anak chaebol yang ingin membuktikan diri. Jika Anda mengira pria keren ini berkarakter serius, Anda salah besar. -ENA-

Baek Ma-tan adalah anak pemilik Power Group, perusahaan saingan Gaus Electronic. Namun, ia ingin membuktikan diri dengan cara yang aneh. Yakni, dengan mendaftar sebagai karyawan biasa di Gaus Electronics. Ia terlihat cool dengan pakaian formal dan rambut bercabang satu. Di benak penonton langsung terbesit pikiran bahwa akhirnya ada karakter yang keren dan enggak lawak.

Salah! Pemikiran itu salah! Kenyataannya, semua karakter sama saja. Lawak! Pada hari pertama datang ke kantor, Ma-tan menggunakan parasut terjun payung. Kamera mengambil angle terbaiknya. Namun, dengan segera, ia terjatuh dengan tegapnya. Diiringi efek slow motion yang mampu membuat kaum receh tergelak. Ya, dia tertabrak mobil.

Hal itu tak memancing simpati, melainkan komedi. Sudah begitu, ia mengulanginya lagi. Datang menggunakan parasut. Bedanya, kali ini, ia menyuruh asistennya turut menemaninya turun menggunakan parasut. Suka ngadi-ngadi memang karakter yang satu ini.

Belum lagi saat ia bertemu dengan Gun Gang-mi (Kang Min-ah). Penonton disuguhi scene dan dialog, seakan-akan pertemuan mereka memercikkan api-api cinta pada pandangan pertama. Nyatanya, ah sudahlah... Tonton sendiri saja.

Drama yang sangat menghibur. Definisi komedi yang beneran komedi. Lucu. Setiap scene-nya memiliki plot twist yang tak terpikirkan. Dan berakhir jenaka. Bagi pecinta drama komedi, atau sedang ingin rehat dari drama-drama berat, Gaus Electronics menjadi selingan yang wajib ditonton. (*)

Kategori :