Lagi! Tanah di Surabaya Tiba-Tiba Ambles

Minggu 01-01-2023,08:33 WIB
Reporter : Pace Morris
Editor : Salman Muhiddin

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Tiga rumah di Jalan Pakis Agrosari, Dukuh Pakis, Surabaya, kehilangan akses jalan masuk. Sebab, tanah yang berada dedepan ketiga rumah warga itu ambles. Kejadian tersebut terjadi pada Kamis, 29 Desember 2022, malam.

 

Belum diketahui penyebab amblesnya tanah seluas 15 kali 1 meter dengan kedalaman mencapai sekitar 2 meter itu.

 

Dari keterangan tertulisnya, Kepala BPBD Surabaya Hidayat Syah mengungkapkan, kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh Asisten Rumah Tangga (ART) keluarga Gendut Wibowo.

 

“Saat itu ART pak Gendut Wibowo mendengar suara pot terjatuh. Setelah dicek keluar pagar, akses jalan masuk sudah dalam keadaan ambles,” terang Hidayat, Jumat, 30 Desember 2022.

 

Kejadian tersebut pun langsung dilaporkan ke BPBD kota Surabaya. Usai mendapat laporan, petugas langsung mendatangi ke lokasi kejadian. 

 

Menurut Hidayat tanah yang ambles di luar pagar.Hanya bagian akses masuk rumah saja. Sementara rumah warga masih tampak aman.

 

“Untuk rumah masih bisa ditempati. Hanya mengalami kerusakan pada akses jalan masuk saja,” paparnya.



Akses keluar masuk sementara, yang terbuat dari Bambu-BPBD Surabaya-

 

 

Hidayat menambahkan, bahwa akses jalan umum juga masih bisa dilalui. Meskipun hanya separuh badan jalan saja.

 

Saat ini, BPBD telah berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kota Surabaya.

Mereka membuatkan jembatan dari bambu. Sebagai akses keluar masuk sementara.

Diketahui, kejadian serupa pernah terjadi di Surabaya. Tepatnya pada 18 Desember 2018 silam. Saat itu sebagian Jalan Raya Gubeng tiba-tiba ambles. 

Jalan tersebut ambles sepanjang 30 meter, dengan lebar 10 meter dan kedalamnya 10 hingga 10 meter. Yang mengakibatkan jalur padat kendaraan itu, lumpuh total. (*)

Kategori :