Ini Juara Lomba Baris-Berbaris di SMA Sejahtera Surabaya, Almamater Andik Vermansyah dan Rizky Ridho

Senin 13-03-2023,10:37 WIB
Reporter : Bagus Aji
Editor : Salman Muhiddin

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Minggu 12 Maret 2023 adalah hari paling sibuk bagi seluruh civitas SMA Sejahtera Surabaya. Almamater pemain sepak bola Andik Vermansyah dan Rizky Ridho Ramadhani itu  menggelar lomba Latihan Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) Hormat IV. Pesertanya 61 SMP-SMA se-Jawa Timur.

Kepala SMA Sejahtera Surabaya Ratih Setya Rahayu mengatakan, sebaran peserta didominasi wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Namun ada juga peserta dari wilayah Situbondo, Bojonegoro dan Jombang.

SMA Sejahtera Surabaya telah ditunjuk sebagai Sekolah Penggerak oleh Kemendikbud Ristek. Artinya, mereka telah mengimplementasikan Kurikulum Sekolah Merdeka. “Siswa-siswi tidak serta-merta belajar ilmu pengetahuan saja. Ada bentuk kemandirian lain yang juga diajarkan oleh sekolah,” kata Ratih.

 

BACA JUGA:Antara Piala Dunia U20, Timnas Israel, dan Alenia Pertama UUD45

BACA JUGA:Pidato Penuh Haru Ke Huy Quan di Oscars 2023, Ibu Saya Menang!

Saat lomba LKBB Hormati, seluruh panitia adalah siswa-siswi sendiri sedangkan para guru hanya memberikan supervisi. Kemandirian dan bertanggung jawab telah ditanamkan sejak kelas 10. “Harapannya ,setelah mereka lulus pengalaman itu akan bisa mereka manfaatkan lagi,” lanjut Ratih.


Tim SMPN 56 Surabaya menjadi juara di kategori SMP.-Bagus Aji/Harian Disway-

Lomba dibagi menjadi dua tempat. Untuk tingkat SMP bertempat di dalam gedung serbaguna, sedangkan tingkat SMA sederajat menggunakan halaman sekolah.

Setiap peserta akan menempati ruang kelas masing-masing, sebagai tempat yang harus mereka jaga sekaligus disebut Rumah yang nantinya jadi bagian dari penilaian lomba.

Lomba berjalan meriah, selain siswa-siswi yang menjadi panitia. Ada juga ide kreatif dari siswa-siswi yang berjiwa entrepreneur, mereka menjual berbagai macam kuliner.

“Di sinilah sisi lain Kurikulum Sekolah Merdeka juga diterapkan. Di mana modal awal harus mereka kelola dengan baik. Jika ada keuntungan dari hasil entrepreneur, maka itu akan jadi modal awal di kegiatan entrepreneur selanjutnya,” kata kepala sekolah.

SMPN 56 Surabaya keluar sebagai Juara 1 lomba dengan tema Latihan Keterampilan Baris Berbaris LKBB Hormat. Komandan regu Paskibra SMPN 56 Surabaya Ayu Sinta (kelas IX), mengungkapkan bagaimana rasa bahagianya seluruh tim Paskibra SMPN 56 Surabaya. 

Persiapan matang sudah dilakukan jauh sebelumnya, meski terkendala fasilitas lapangan yang digunakan bergantian dengan ekstrakurikuler lain. 

BACA JUGA:Mahfud Soroti Perusahaan Milik ASN

Kategori :