JAKARTA, HARIAN DISWAY – Berbagai fasilitas telah disiapkan untuk menjamin kelancaran dan kenyamanan para pemudik. Mulai dari urusan 'hajat pribadi', sampai gangguan kendaraan.
Terbaru, Jasa Marga menyebar 1000 lebih toilet portabel di rest-rest area untuk menambah kapasitas toilet yang sudah ada.
Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT Jasa Marga Related Business (JMRB) Tita Paulina Purbasari mengungkapkan ada total 1.722 bilik toilet yang terpasang di rest area. Tidak lupa dengan dukungan pasokan air bersih untuk sarana ibadah.
Menurut Tita, penambahan toilet fungsional di rest area merupakan implementasi dari instruksi Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
BACA JUGA:Mampir Rest Area Maksimal 30 Menit, Beli Makan Dibungkus
BACA JUGA:Sandiaga Uno Prediksi Perputaran Uang Selama Lebaran Capai Rp. 150 Triliun
Untuk memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) Tita mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Pertamina untuk menempatkan SPBU Modular di 18 rest area yang dikelola Jasa Marga Group.
Selain SPBU BBM, rest area di ruas Jasa Marga Group juga menyediakan layanan pengisian daya kendaraan berbasis listrik. “Total, ada 15 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area di ruas Jasa Marga Group,” jelas Tita.
BACA JUGA:Ruas Tol Solo-Klaten Dibuka Fungsional Selama Lebaran. Beroperasi 07.00 hingga 17.00 WIB
Yang kerap menjadi masalah adalah ketika kehabisan BBM di jalan layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) yang panjangnya berpuluh-puluh kilometer itu. Untuk ini pun, Jasa Marga sudah mengantisipasi.
“Kami juga menyediakan sepeda motor khusus untuk distribusi BBM darurat di Jalan Layang MBZ,” ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana
BACA JUGA:Antisipasi Kemacetan Saat Mudik, Jasa Marga Buka Dua Jalur Fungsional
BACA JUGA:Mudik 2023 Diprediksi 2,78 Juta Kendaraan Melintasi Jalur Keluar Jabodetabek
Untuk mengatasi mogok karena sebab yang lain, Jasa Marga juga menyediakan bengkel darurat di rest area, penambahan 31 unit kendaraan derek menjadi total 167 unit. Ada juga mobile customer service yang bakal berkeliling mencari pemudik yang membutuhkan.
Untuk layanan transaksi di gerbang tol, Jasa Marga menambah 651 petugas on call termasuk di dalamnya personil pengarah lalu lintas serta penambahan 42 unit Mobile Reader menjadi 488 unit.(*)