Ruas Tol Solo-Klaten Dibuka Fungsional Selama Lebaran. Beroperasi 07.00 hingga 17.00 WIB

Ruas Tol Solo-Klaten Dibuka Fungsional Selama Lebaran. Beroperasi 07.00 hingga 17.00 WIB

DIKEBUT: Penampakan ruas Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo Seksi Solo-Klaten yang akan dijadikan jalur fungsional selama lebaran 2023-Foto : Kementerian PUPR -

SOLO, DISWAY.ID – Ruas Jalan Tol Solo-Klaten sepanjang 6 km akan dimanfaatkan secara fungsional pada masa mudik lebaran beberapa pekan mendatang. Kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. 

Ruas ini merupakan bagian dari rute Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo yang saat ini tengah dibangun. Jalan Tol ini, bersama dengan Jalan Tol Yogya-Bawen dan Semarang-Solo akan menjadi ‘segitiga emas’ yang diharapkan mampu meningkatkan geliat kemajuan di kawasan Joglosemar (Yogya, Solo, Semarang). 

BACA JUGA:Mudik Motor Diperkirakan Masih Marak: Lebih Murah dan Fleksibel Daripada Kereta Maupun Bus

BACA JUGA:Hasil SPAN-PTKIN 2023 Diumumkan, UIN Sunan Kalijaga Terfavorit.

Dalam kunjungannya Senin (3/4), Basuki mengecek persiapan fungsional Seksi 1.1 Solo hingga Klaten sepanjang 22,30 Km. “Sudah bagus, namun jangan lupa ada kriteria dan standar teknis konstruksi jalan tol. Tolong disesuaikan supaya tidak merusak lingkungan,” kata Basuki dalam arahannya.  

Basuki juga mengatakan, pembangunan jalan tol tersebut akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Provinsi Jawa Tengah. Ia mengingatkan pada kontraktor mengenai kerapihan dan keamanan. “Pekerjaan harus yang rapi, jangan berantakan. Pastikan jalan tol memang sudah aman untuk fungsional,” jelasnya. 

BACA JUGA:Persiapan Pertamina Sokong 123 Juta Arus Mudik 2023

BACA JUGA:Mudik 2023 Diprediksi 2,78 Juta Kendaraan Melintasi Jalur Keluar Jabodetabek

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, Pembangunan Jalan Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulonprogo  dilaksanakan secara bertahap, seksi per seksi mulai dari seksi 1, 2 dan 3. “Hal ini dilakukan untuk menghindari penumpukan arus keluar masuk tol di area Purwomartani serta untuk memudahkan arus keluar masuk Yogyakarta via Jalan Tol Yogyakarta - Bawen yang juga akan terhubung dengan tol ini,” jelas Hedy.

Jalan Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulonprogo memiliki total panjang 96,57 km. Dibangun oleh Kementerian PUPR bersama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jogjasolo Marga Makmur. 

Seksi 1 akan membentang sepanjang 42,38 Km dari Kartasura hingga Purwomartani. Terbagi menjadi Paket 1 Solo - Klaten sepanjang 22,30 km dan Paket 2 Klaten - Purwomartani  sepanjang 20,08 km.

Saat ini, progres konstruksi Seksi 1.1 telah mencapai 50,15 persen sehingga dianggap layak untuk difungsionalkan sepanjang 6 km. “Jalur fungsional nantinya terdiri dari konstruksi rigid 4 km dan lean concrete 2 km pada mudik lebaran 2023 nanti,” jelas Hedy.

Seksi 1.1 pada lebaran nanti diharapkan bisa melayani arus dengan 1 hingga 2 lajur bagi kendaraan Golongan 1.  Menurut rencana, waktu penggunaan jalur antara pukul 07.00 hingga 17.00 WIB atau sesuai pengaturan Korlantas Polri.(*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: