Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Ditarget Selesai 15 April

Senin 10-04-2023,08:38 WIB
Reporter : Umaimah 'Iffat
Editor : Salman Muhiddin

SUBANG, HARIAN DISWAY – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengecek pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 4, 5, dan 6, Minggu, 9 April 2023. Kabarnya, Tol Cisumdawu bakal beroperasi selama masa mudik lebaran 2023.

“Pembangunan tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 ini akan selesai pada 15 April 2023 dan beroperasi secara fungsional. Jadi bisa digunakan saat mudik lebaran untuk memperlancar arus mudik,” terang Muhadjir.

“Tol ini juga akan mempermudah akses masyarakat dari Bandung dan sekitarnya menuju Bandara Kertajati atau sebaliknya dengan waktu tempuh perjalanan sekitar satu jam,” tambahnya.

BACA JUGA:Serangan Balik Anas Urbaningrum

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Owner DS Bistro Tresye Pangkiey: Jing Shi Ai Ri

Dengan diselesaikannya pembangunan tersebut, maka jalur tol Cisumdawu memiliki panjang total sekitar 65 kilometer. Mulai dari seksi 1, 2, dan 3 yang berada di Cileunyi-Jatinangor-Sumedang-Cimalaka ditambah dengan seksi 4, 5, dan 6 yang sedang dalam proses pengerjaan.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang juga turut hadir dalam kesempatan tersebut mengungkapkan alasan tol Cisumdawu dioperasikan secara fungsional. “Kami mempertimbangkan aspek keselamatan bagi para pemudik yang melewati jalur ini. Jadi, hanya dioperasikan dari siang hingga sore hari pukul 15.00 WIB, sesuai izin Menteri Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR),” terangnya.

Kakorlantas Polri Firman Santyabudi juga menerangkan bahwa jalur tol Cisumdawu yang baru saja selesai dibangun tidak memungkinkan jika dioperasionalkan secara penuh pada masa mudik lebaran tahun ini. Oleh karena itu, dioperasikan secara fungsional.

Ia juga menambahkan bahwa jalur tol tersebut masih diselimuti oleh kabut, sehingga bagi para pengemudi terutama saat malam hari. Mengingat diperkirakan akan terjadi lonjakan di jalur tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang cukup deras.

“Pengaturan lalu lintas pada jalur tol Cisumdawu tersebut sepenuhnya mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi lapangan. Apakah akan diberlakukan contra flow, one way, atau buka-tutup semuanya,” tambah Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. (Umaimah ‘Iffat)

Kategori :