Mudik-Balik Lancar, Menhub Tutup Posko Nasional

Selasa 02-05-2023,21:04 WIB
Reporter : Taufiqur Rahman
Editor : Taufiqur Rahman

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara resmi menutup operasional Posko Nasional Mudik Lebaran 1444 H/2023 Selasa sore, 2 Mei 2023. 

Budi mengapresiasi kerja keras semua pihak dalam memastikan kelancaran dan keamanan mudik tahun 2023 ini. Ia juga memuji efektifitas posko dan pusat kendali yang terletak di gedung Kemenhub, Jakarta tersebut. 

“Banyak titik yang kita bisa pantau baik di terminal, pelabuhan, bandara, stasiun, jalan tol maupun arteri. Semua aktif memberikan informasi, sehingga bisa dijadikan dasar pengambilan keputusan yang cepat dan bisa segera disosialisasikan ke masyarakat,” katanya. 

BACA JUGA:Mustofa Pelaku Penembakan MUI, Mengaku Nabi dan Minta MUI Mempersatukan Umat Islam

BACA JUGA:Jutaan Buruh Masih Diupah Murah; Refleksi Peringatan Hari Buruh Internasional


Menhub dalam pemantauan arus mudik 2023-Foto : Kemenhub-

Pria kelahiran Palembang tersebut mengatakan, beberapa faktor berkontribusi dalam mensukseskan mudik tahun 2023. Diantaranya prediksi lonjakan pergerakan masyarakat yang masif pada tahun ini membuat penanganan arus mudik dan balik lebaran mendapat perhatian besar dari Presiden Joko Widodo.

Alhamdulillah kita bisa melaksanakan tugas dari Presiden dengan baik untuk mewujudkan mudik yang aman dan berkesan,” ujarnya.

Beberapa indikator kesuksesan mudik. Diantaranya meningkatnya rata-rata kecepatan kendaraan di jalan tol, waktu tempuh yang semakin cepat, serta angka kecelakaan lalu lintas yang menurun.

BACA JUGA:Yang Balik Lebih Banyak dari Yang Mudik, Ada Indikasi Aliran Urbanisasi?

BACA JUGA:'Penembak' MUI Pakai Air Soft Gun, Lepaskan Peluru Karet, Lukai 3 Staf

Meskipun begitu, Budi mengungkapkan, sejumlah evaluasi untuk perbaikan penanganan arus mudik dan balik Lebaran tahun depan tetap dilakukan, khususnya di titik krusial seperti di Tol Trans Jawa dan Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni. Misalnya yaitu peningkatan sarana dan prasarana jalan maupun transportasi.

“Idealnya di jalan Tol Cipali sampai Kalikangkung Semarang itu ada 3 sampai 4 lajur, sehingga rekayasa lalu lintas yang dilakukan cukup dengan contra flow dan tidak perlu one way. Kemudian, di penyeberangan ASDP agar menggunakan kapal yang besar dan cepat sehingga kapasitas bertambah,” tuturnya.


Suasana arus Balik 2023. Jumlah orang dalam arus balik lebih tinggi dari arus mudik.-Foto: Kemenhub-

Lebih lanjut, Menhub menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait diantaranya yaitu: Kemenko PMK, Kemen PUPR, Kemen BUMN, Kominfo, TNI, Polri, BMKG, Basarnas, KNKT, operator jalan tol, operator angkutan umum, asosiasi, Pemda, Dinas Perhubungan Provinsi/Kota/Kabupaten, serta pihak terkait lainnya, yang telah mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Tags :
Kategori :

Terkait