5 Rekomendasi Jajanan Viral di Tiktok yang Wajib Kamu Coba

Selasa 13-06-2023,19:02 WIB
Reporter : Zahronia Firdaus
Editor : Retna Christa

SURABAYA, Harian Disway – Sejak aplikasi TikTok ramai digunakan pada akhir 2019-an, banyak sekali hal-hal yang menjadi viral. Salah satunya adalah jajanan-jajanan kecil yang memancing rasa penasaran masyarakat.

Banyak sekali jenis makanan yang sempat viral di Tiktok. Beberapa memiliki rasa yang benar-benar enak, namun ada juga yang zonk. Alias tidak enak banget. Berikut ini 5 rekomendasi jajanan viral yang wajib kamu coba.

Latiao


-Tokopedia-

Latiao awalnya viral karena banyaknya video mengenai toko kelontong Tiongkok. Dalam video tersebut, sering terlihat jajanan berbentuk panjang yang berwarna merah. Jajanan itu mencuri perhatian dan menjadi viral di Indonesia. Latiao terbuat dari kulit tahu, lalu dibaluri minyak cabai. Teksturnya keras, tapi rasanya lezat. Pedas, pasti. Tapi ada gurihnya. Harganya sekitar Rp. 30 ribu. 

Planet Gummies


-
Boxmix -

Namanya memang Planet Gummies. Namun sebenarnya permen lunak yang satu itu memiliki berbagai macam bentuk. Misalnya bola, buah-buahan, sampai bola mata. Dengan warna dan bentuk yang unik, jajanan itu menarik minat masyarakat. Teksturnya elastis dan lunak, dan rasanya cenderung asam. Di dalamnya ada cairan selai yang juga asam. Saat awal-awal muncul, permen ini tidak halal karena menggunakan gelatin babi. Namun sekarang sudah ada versi halalnya. Dan telah di jual di warung-warung kelontong di sekitar. Harganya Rp 1.500 - Rp 2.000 per bijinya.

Keripik Sayur dan Buah Kering

Keripik sayur dan buah yang dikeringkan sempat viral karena dianggap sebagai snack sehat. Dalam proses produksinya, produsennya mengklaim bahwa sayuran tidak digoreng. Melainkan dipanggang. Jajanan ini terbuat dari 100 persen sayur dan buah asli. Yang kemudian dibumbui oleh lada, garam, dan rempah lainnya. Yang paling diminati adalah varian sayur okra. Varian ini memiliki rasa gurih dan tekstur yang renyah dan unik, sehingga membuat konsumen puas memakannya. 

Basreng Pedas 

Siapa yang tidak tahu betapa viralnya basreng pedas. Jajanan yang terbuat dari olahan ikan yang digoreng hingga kriuk ini populer dalam waktu yang cukup lama. Rasa basrengnya sendiri gurih, namun terdapat banyak varian rasa lain yang bisa dicoba. Yang paling digemari adalah rasa pedas daun jeruk. Bagi kamu pengguna behel, jangan khawatir karena basreng di beberapa toko memiliki tekstur yang renyah dan tidak keras. Harganya mulai dari Rp 20 ribuan per 250 gramnya. 

Kukis Saus Manis

Kategori :