Semifinal Ideal IBL 2023, Empat Tim Unggulan Teratas Bersaing Menuju Final

Rabu 12-07-2023,22:30 WIB
Reporter : Ragil Putri Irmalia
Editor : Retna Christa

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Indonesian Basketball League (IBL) 2023 telah sampai di babak semifinal. Tak ada kejutan, empat klub unggulan teratas menjadi semifinalis. Mereka adalah Prawira Harum Bandung, Satria Muda Pertamina Jakarta, Pelita Jaya Bakrie Jakarta, dan Dewa United Banten.

Semifinal game pertama dimulai pada Kamis, 13 Juli 2023. Dalam laga pembuka itu, Prawira akan melawan Dewa United pada pukul 17.00 WIB di Sritex Arena, Solo. Kemudian Satria Muda menghadapi Pelita Jaya di Britama Arena, Jakarta, pada pukul 20.00 WIB.

BACA JUGA: Satria Muda dan Pelita Jaya Berebut Tiket Final IBL 2023

Kedua pertandingan itu diprediksi bakal panas. Mengingat sejarah pertemuan masing-masing.

Prawira vs Dewa United mengulang ronde pertama playoff IBL 2022. Saat itu, Prawira berhasil melaju ke semifinal setelah unggul 2-1. Dari tiga pertandingan itu, mereka tidak pernah unggul dua digit poin.

Ini juga menjadi pertemuan ketiga mereka musim ini. Dalam dua pertemuan di musim reguler, Prawira selalu unggul. Pertama di Seri Surabaya dengan kemenangan 93-81. Kedua di Seri Bandung dengan keunggulan 91-88.

BACA JUGA: Prawira Nyaris Terjungkal, Satria Muda Melaju Mulus di Playoff IBL 2023

BACA JUGA: Dewa United Rebut Game Ketiga, Melaju ke Semifinal IBL 2023

’’Dewa United adalah Dewa United,’’ kata pelatih Prawira David Singleton. ’’Mereka punya pemain bertalenta, pemain asing yang bagus, mereka punya pemain yang berpengalaman. Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sangat menantang,’’ paparnya.

Pertandingan Satria Muda vs Pelita Jaya juga tidak kalah menarik. Setelah lima kali berjumpa di final dalam 10 tahun terakhir, kini mereka bertemu lebih awal di babak semifinal. Perjumpaan mereka di semifinal terakhir kali terjadi pada masa NBL 2013-2014.

BACA JUGA: Solo Masih Menjadi Opsi untuk Seri IBL 2023

Dalam pertemuan musim ini, keduanya imbang 1-1. Satria Muda meraih kemenangan lebih dulu 72-67 di Seri Surabaya. Kemudian Pelita Jaya menumbangkan Satria Muda 84-75 di laga penutup musim reguler.

’’Di atas kertas dan secara statistik, Pelita Jaya ada di atas kami. Mereka memiliki pertahanan yang rapi dan efisien dalam menyerang,’’ jelas pelatih Satria Muda Youbel Sondakh dalam jumpa pers pada di Britama Arena, Rabu, 12 Juli 2023. ’’Namun, kami akan bermain di kandang sendiri, kami siap meredam laju mereka di laga nanti,’’ yakinnya.

Satria Muda sedang mengejar hattrick gelar. Mereka juga berusaha menyaingi rekor Aspac Jakarta yang menjadi pemilik gelar IBL terbanyak dengan 14 kali juara. Sedangkan saat ini Satria Muda mengoleksi 12 gelar. (*)

Kategori :