Relawan Gebrakan Dorong Gibran Maju Pilpres 2024

Sabtu 26-08-2023,23:48 WIB
Reporter : Michael Fredy Yacob
Editor : Tomy Gutomo

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kelompok pemuda pendukung Gibran Rakabuming Raka untuk maju dalam Pilpres 2024 mulai bermunculan. Kali ini, mereka menamai diri sebagai relawan Gerakan Gibran Kemenangan (Gebrakan). Deklarasi kelompok ini dilakukan di Gubug Makan Mang Engking Yani Golf Surabaya, Jalan Golf 1, Gunungsari, Surabaya.

Koordinator Gebrakan Nasional Firosya Shalati mengatakan, mereka secara pribadi mendukung wali kota Solo itu untuk naik level. Yakni menjadi pemimpin di tingkat nasional. Sebab menurutnya, saat ini lebih dari 50 persen daftar pemilih tetap (DPT) di pemilu 2024 berasal dari generasi muda.

"Boleh capres atau cawapres, pokoknya Gebrakan mengarahkan Gibran menjadi pemimpin nasional, yang penting bukan daerah. Kita berupaya generasi muda suaranya tidak apatis di TPS, karena ada sosok Gibran sebagai representasi anak-anak muda," kata pria yang akrab disapa Sosa itu, Sabtu, 26 Agustus 2023.

Walau ia mengakui untuk majunya anak pertama Joko Widodo ini di Pilpres 2024 nanti, masih menunggu keputusan Mahkama Konstitusi (MK). Putusan itu mengenai gugatan batas usia minimal calon presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang awalnya 40 tahun diturunkan menjadi 35 tahun.

BACA JUGA: Marak Pinjol Online, Menkominfo: Ibu-Ibu Jangan Mudah Tergoda

Hanya saja sambil menunggu putusan tersebut, ia dan rekan-rekannya akan terus keliling untuk melakukan deklarasi Gebrakan ke daerah-daerah lain. Saat ini, Jawa Timur menjadi provinsi pertama mereka melakukan deklarasi. Mereka berasal dari dari 38 kabupaten/kota di Jatim.

"Jika ditolak, kita tidak berhenti di situ. Kita fokus menyuarakan jika ada sosok pemuda prestasi yakni Gibran. Kita ingin ada perwakilan pemuda maju di pentas nasional. Kalau ada penolakan kita tidak berhenti di situ, kita pemuda harus memperjuangkan suara pemuda," tambahnya.

Gebrakan pun akan siap all out mendukung Gibran. Pun mereka juga tidak pilih-pilih soal pasangan Gibran nantinya. "Mau Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, atau Anies Baswedan kita serahkan ke Gibran. Itu domainnya parpol juga. Siapapun kita siap mendukung Gibran," tegasnya.

BACA JUGA: Kemampuan Fregat Arrowhead yang Bakal Perkuat Armada TNI AL

Ia pun menegaskan jika Gebrakan tidak berafiliasi ke partai politik manapun. Termasuk gerakan yang mereka bangun, tidak ada perintah dari manapun: Gibran ataupun Joko Widodo. "Kami murni relawan memberi dukungan ke Gibran secara personnya," tegasnya.

Dalam deklarasi ini turut hadir perwakilan dari sejumlah relawan Jokowi di Pilpres 2014 dan 2019 yakni relawan Sapulidi, relawan Bara JP, hingga relawan Gibran Nusantara. (*)

Kategori :