Kemampuan Fregat Arrowhead yang Bakal Perkuat Armada TNI AL

Kemampuan Fregat Arrowhead yang Bakal Perkuat Armada TNI AL

FREGAT ARROWHEAD: HDMS Iver Huitfeldt, kapal milik Angkatan Laut Denmark yang dibangun dengan basis teknologi Fregat Type 31 atau Arrowhead 104-navylookout.com-

HARIAN DISWAY - Armada penjaga kedaulatan laut Nusantara sebentar lagi akan diperkuat dengan dua kapal perang jenis fregat dengan platform teknologi Arrowhead 104 berbasis fregat tipe 31 Inggris. 

Pembangunan dua kapal tersebut dilakukan oleh PT PAL dengan lisensi teknologi dari Babcock International. Proyek ini dinamakan Proyek Fregat Merah Putih

Unit pertama dari 2 kapal perang telah memasuki proses peletakan lunas kapal (keel laying) di galangan PT PAL Surabaya, Jumat, 25 Agustus 2023. 

BACA JUGA:Bangga! Kapal Perang Fregat Arrowhead Pertama Milik RI Mulai Dibangun: PT PAL Lakukan Peletakan Lunas Pertama

Arrowhead sendiri adalah platform teknologi kapal perang yang dirancang oleh Babcock dan dipasarkan dengan nama Arrowhead 104 yang berbasis pada teknologi Fregat Tipe 31 Inggris (Type 31 Frigate). 


3D Mockput kapal fregat berbasis teknologi Arrowhead 104-navylookout.com-

Sementara desain lambungnya berdasarkan pada Kelas Iver Huitfeldt dari Denmark. Platform Arrowhead sendiri memang disiapkan oleh Babcock dengan kemudahan produksi dan fleksibilitas pembuatan untuk diekspor ke luar negeri.  

Kapal-kapal fregat Arrowhead dikatakan sebagai Fregat serbaguna atau General Purpose Fregat. Negara-negara bisa memesan dengan berbagai konfigurasi kustom sesuai kebutuhan militer masing-masing. 

Dilansir dari lama resmi Babcock, Managing Director Naval Marine Craig Lockhart, mengungkapkan bahwa Arrowhead adalah game changer di kelas fregat serbaguna. 

BACA JUGA:Susul F-15EX, 24 Unit Helikopter S-70M Black Hawk Akan Perkuat Alutsista Indonesia

“Kami memfokuskan desain dan pengembangan Arrowhead dalam hal kemampuan dan keberlanjutan. Ini akan membantu setiap armada untuk siap diterjunkan dalam misi,” katanya. 

Kapal-kapal fregat Arrowhead biasanya memiliki panjang 120 hingga 140 meter dengan berat total (displacement) 5.700 ton. Dengan jarak tempuh hingga 19.000 kilometer dengan kecepatan hingga 52 kilometer per jam. 


Coutout denah kapal fregat berbasis Tipe 31 atau Arrowhead 104-na-

Melansir dari laman navylookout.com, fregat Arrowhead dilengkapi dengan beberapa sistem persenjataan. Meriam utama bisa diisi oleh meriam-meriam kapal laut semacam Oto Melara 76 mm atau Bofors 57mm. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: