Kemampuan Fregat Arrowhead yang Bakal Perkuat Armada TNI AL

Kemampuan Fregat Arrowhead yang Bakal Perkuat Armada TNI AL

FREGAT ARROWHEAD: HDMS Iver Huitfeldt, kapal milik Angkatan Laut Denmark yang dibangun dengan basis teknologi Fregat Type 31 atau Arrowhead 104-navylookout.com-

Selain meriam utama, Arrowhead juga dilengkapi dengan meriam sekunder di haluan dan buritan yang biasanya diisi oleh meriam Bofors 40mm MK4. Kapal kelas ini tidak memiliki meriam pertahanan model Close In Weapon System (CIWS)

BACA JUGA:Pesawat Tempur F-15EX yang Dipesan Prabowo Diprediksi Tiba 2027

Selain meriam, Arrowhead juga dilengkapi dengan paket rudal anti kapal, anti kapal selam dan anti serangan udara. Menurut informasi, Arrowhead bakal dilengkapi dengan rudal darat ke udara (Surface to Air Missile/SAM) jenis Sea Captor. Namun, belum diketahui rudal anti kapal (Anti Ship Missile) jenis apa yang akan dibawa. 

Rudal-rudal tersebut akan disimpan di lambung kapal dalam sistem peluncuran vertikal (Vertical Launch System/VLS) dengan jumlah sel sekitar 24 hingga 32 sel. 

Sementara untuk sensor dan penginderaan, Arrowhead dibekali dengan radar NS110 3D keluaran pabrikan Thales Group. Selain radar pendeteksi musuh, ada juga radar navigasi, radar tracking target, serta sonar untuk mendeteksi kapal selam.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: