Bangga! Kapal Perang Fregat Arrowhead Pertama Milik RI Mulai Dibangun: PT PAL Lakukan Peletakan Lunas Pertama

Bangga! Kapal Perang Fregat Arrowhead Pertama Milik RI Mulai Dibangun: PT PAL Lakukan Peletakan Lunas Pertama

FREGAT ARROWHEAD PERTAMA: COO PT PAL Iqbal Fikri (kiri), Sesbaranahan Kemhan RI Brigjen TNI Heru Sudarminto (dua dari kiri) Waaslog Kasal, Dansatgas Proyek Frigate, dan Kepala Proyek Frigate menekan tombol peletakan lunas kapal di galangan PT PAL Indonesi-Dok PT PAL -

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Seremoni peletakan lunas (keel laying) pertama untuk kapal perang kelas fregat merah putih-1 digelar di galangan kapal PT PAL Surabaya, Jumat, 25 Agustus 2023. 

Fregat merah putih 1 merupakan satu dari dua kapal fregat ini akan dibangun dengan berdasarkan teknologi dari fregat Arrowhead 104 atau yang sering disebut sebagai Type 31 Frigate

Teknologi tersebut dibeli oleh Indonesia dari pabrikan inggris Babcock International pada akhir tahun 2021. PT PAL lantas mendapatkan lisensi untuk membangun dua kapal tersebut di galangan Surabaya.  

Prosesi keel laying kapal frigate merah putih pertama ditandai dengan peletakan koin di dudukan block kapal oleh Sekretaris Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Heru Sudarminto. 

BACA JUGA:Susul F-15EX, 24 Unit Helikopter S-70M Black Hawk Akan Perkuat Alutsista Indonesia

Peresmian dilanjutkan dengan penekanan tombol yang menandai dimulainya penurunan, pengelasan, dan penyambungan blok lunas kapal. 

Berita acara lantas ditandatangani oleh Brigjen TNI Heru Sudarminto dan Bapak Chief Operation Officer (COO) PT PAL Indonesia Iqbal Fikri. 

Fikri menyampaikan bahwa dipercayakannya PAL sebagai industri pertahanan nasional dalam membangun 2 unit kapal frigate, merupakan komitmen pemerintah untuk memajukan dan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas industri pertahanan dalam negeri. 

“Ini adalah langkah nyata dalam upaya mewujudkan peningkatan penguasaan teknologi pertahanan, kemandirian industri pertahanan, sehingga dapat meminimalisir ketergantungan impor alutsista,” ungkapnya.

BACA JUGA:Kelebihan-Kelebihan F-15EX Yang Bikin Indonesia Kepincut: Mesin dan Body Lebih Badak, Daya Angkut Senjata Melimpah

Dua kapal Fregat merah putih ini nantinya akan memperkuat armada perang TNI Angkata Laut untuk mewujudkan Indonesia Emas tahun 20145 yang semakin diperhitungkan di kancah global dan memiliki kemampuan pertahanan yang berdaya gentar di kawasan ASEAN. 

Cita-cita ini ditunjang dengan optimalisasi kapasitas dan kapabilitas industri pertahanan nasional, khususnya dalam penguasaan teknologi pertahanan oleh anak bangsa.

Tahap keel laying dengan ditandai peletakan lunas kapal merupakan momen penting sebagai permulaan perhitungan usia kapal. 

Kapal Frigate Merah Putih ke–1 memiliki panjang 140 meter dengan displacement sebesar 5.996 ton, dan nantinya akan dilengkapi dengan teknologi penginderaan serta persenjataan yang lebih modern. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: