Presiden Joko Widodo Resmikan Revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah, Akan Jadi Ikon Wisata Baru

Senin 04-09-2023,14:45 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Doan Widhiandono

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jumat malam, 1 September 2023. Proyek revitalisasi itu dimulai pada Januari 2022. Anggarannya lebih dari Rp 1 triliun.

’’Alhamdulillah sudah selesai. Dan ini menelan anggaran—tadi sudah disampaikan oleh Pak Menteri Erick Thohir, Rp 1 triliun 70 miliar plus Rp 200 miliar dari PT InJourney,’’ kata Jokowi. Artinya, proyek itu melibatkan investasi yang signifikan dari pemerintah.

Setelah proses revitalisasi, TMII kini punya tampilan yang lebih rapi, hijau, indah, dan nyaman. Revitalisasi itu juga mengembalikan konsep aslinya, yaitu ruang terbuka hijau yang mendominasi rencana awal pembangunannya.

"Kalau siang, mestinya Taman Mini Indonesia Indah sekarang ini bisa lebih sejuk. Sebab, konsepnya telah dikembalikan seperti pada masterplan awalnya. Yaitu, 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan," jelas Presiden.

BACA JUGA : Wajah TMII Setelah Satu Setengah Tahun Lebih Proses Revitalisasi

Seluruh bangunan museum dan anjungan daerah di TMII juga telah direvitalisasi dengan mengusung konsep inklusif, budaya, dan pintar. "Saya yakin, dengan wajah baru, Taman Mini Indonesia Indah ini akan menjadi sebuah ikon besar pariwisata di Jakarta dan juga tentu saja di Indonesia," tandasnya.

Usai upacara peresmian, Presiden Jokowi bersama para undangan disuguhi pertunjukan air mancur menari yang bertajuk Tirta Cerita.

Pertunjukan itu mempresentasikan kisah-kisah dari berbagai dongeng, mitos, dan legenda Nusantara yang sudah lama dikenal. Sebut saja, Petualangan Si Kancil, Keong Mas, Ande-Ande Lumut, Buto Ijo dan Timun Mas, serta Malin Kundang. (Mohamad Nur Khotib)

Kategori :