Wajah TMII Setelah Satu Setengah Tahun Lebih Proses Revitalisasi

Wajah TMII Setelah Satu Setengah Tahun Lebih Proses Revitalisasi

Wajah baru: Gedung Imax Keong Mas atau gedung Keong yang kini tanpak cantik di malam hari-Kementerian PUPR-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Setahun setengah lebih Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ditutup karena proses revitalisasi

Hal tersebut untuk mengembalikan kejayaan salah satu taman hiburan paling terkenal di Jakarta sejak tahun 1970-an tersebut. 

Revitalisasi dimulai sejak Januari 2022 lalu pada beberapa gedung dan wahana. Kemudian pada Mei 2022, TMII ditutup seluruhnya dari aktivitas wisatawan untuk berfokus pada pembenahan. 

BACA JUGA:Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Bertahap Mulai 1 Oktober 2023

Pada Jumat, 1 September 2023 lalu, Presiden Jokowi meresmikan TMII baru yang sudah selesai menjalani proses revitalisasi. 

Setelah bersolek, TMII akan langsung melakukan peran pertamanya sebagai venue pertemuan tingkat internasional di Jakarta, seperti KTT G20 2022 lalu dan KTT ASEAN 2023 dalam waktu dekat. 


Kolam Indonesia TMII setelah revitalisasi oleh Kementerian PUPR-Kementerian PUPR-

Peresmian revitalisasi TMII ditandai dengan penekanan ipad dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi didampingi Wapres Ma'ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. 

Presiden Jokowi mengatakan kegiatan revitalisasi TMII merupakan upaya untuk merawat kawasan dan bangunan lama yang bersejarah serta menjadikannya sebagai ikon baru kebanggaan Indonesia. 

BACA JUGA:Video Viral! Truk Bermuatan Sepeda Listrik Ludes Terbakar di Brebes

"Masyarakat sekarang sudah bisa mengunjungi dan menikmati wajah baru TMII yang tertata rapi, lebih hijau, lebih indah, dan lebih nyaman," kata Jokowi. 

Kepala negara menjelaskan, revitalisasi TMII telah menelan biaya APBN sebesar Rp. 1,07 triliun, ditambah Rp200 miliar bersumber dari PT iJourney. 

Konsep revitalisasi TMII telah dikembalikan seperti masterplan awal yakni mengusung konsep kawasan hijau dengan 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan. 

"Dengan mengusung konsep inklusif, culture, dan smart, saya yakin dengan wajah baru TMII ini akan menjadi ikon besar pariwisata di Jakarta dan tentu juga menjadi kebanggaan Indonesia," kata Presiden Jokowi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: