Pertempuran Sengit Jualan Live di Tiktok dan Shopee? Mana Yang Lebih Unggul?

Selasa 19-09-2023,12:49 WIB
Reporter : Tira Mada
Editor : Taufiqur Rahman

 

 

Hal ini sejalan dengan persebaran preferensi masyarakat Indonesia saat berbelanja melalui fitur live streaming, dimana salah satunya mencari Live Shopping dengan penawaran paling menarik. 

Riset Populix juga menyebut sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masyarakat Indonesia  masih mengacu terhadap pencarian promosi atau penawaran menarik. 

BACA JUGA:9 Kode Voucher Shopee Sabtu, 16 September 2023, Dapatkan Kesempatan Berbelanja Hemat

Promo-promo yang paling menarik menurut survey adalah gratis ongkir (91 persen), diskon (87 persen), cashback (65 persen), voucher belanja (47 persen), special bundle (34 persen), dan exclusive product launch (20 persen).

Shopee Live memang dirancang sebagai salah satu fitur di e-commerce Shopee untuk menghadirkan pengalaman berbelanja interaktif, sehingga siapapun pengguna baik pembeli dan penjual yang membuka Shopee Live memang sudah memiliki intensitas untuk jual beli secara real-time. 

Sebaliknya, TikTok Live sendiri adalah bagian dari platform sosial media milik TikTok. 

Fokus TikTok lebih diutamakan ruang konten kreatif, seperti musik, dance, tips, maupun komedi, sehingga intensitas masyarakat membuka platform TikTok Live akan lebih cenderung sebagai hiburan dibanding untuk berbelanja.

Melihat hal tersebut, fitur live shopping dari platform belanja e-commerce seperti Shopee Live akan lebih cocok untuk para brands dan sellers yang ingin memaksimalkan penjualannya. 

Hal ini dikarenakan traffic yang datang ke Shopee Live sudah mempunyai rencana dan niat berbelanja, sementara traffic yang datang di TikTok Live bercampur dengan mereka yang sekedar mencari hiburan dibanding niat berbelanja. 

Dari riset ini bisa dikatakan bahwa Tiktok Live masih harus mengatur strateginya agar dapat unggul dalam tatanan persaingan platform live streaming.(*) 

Kategori :