Cyberpunk 2077 Dapat DLC Baru Phantom Liberty: Ada Mode HDD Untuk Pemain yang Masih Pakai Harddisk Kentang

Kamis 28-09-2023,11:24 WIB
Reporter : Alnosa Ezar Pramudya
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY - Game bergenre Role-Playing (RPG) buatan CD Projekt RED (CDPR) yaitu Cyberpunk 2077 baru saja mendapatkan pembaruan lewat paket Downloadable Content (DLC) terbaru dengan judul Cyberpunk 2077: Phantom Liberty. 

Phantom Liberty menghadirkan distrik baru di Night City, kota yang menjadi latar Cyberpunk 2077 dengan berbagai misi (main quest dan side quest) terbaru dengan alur cerita yang sama sekali baru. 

DLC baru ini telah membantu Cyberpunk mendapatkan popularitasnya kembali, didukung juga dengan Update 2.0 memberikan banyak perbaikan pada gameplay-mya. 

Ketenaran game buatan studio asal Polandia ini memang sempat redup setelah peluncuran Cyberpunk yang dianggap banyak masalah pada tahun 2020 lalu. Mulai dari bug dan glitch di gameplay-nya, sampai soal isu kestabilan game. 

Pada tahun 2023 ini, CDPR mencoba meraih kembali kepercayaan para gamer dengan update 2.0 dan DLC Phantom Liberty.

BACA JUGA:Resmi! Bandai Namco Umumkan Game Terbarunya: Spy x Family

DLC terbaru ini diharapkan mampu menggiring banyak pemain baru serta mendatangkan Kembali para veteran yang sebelumnya pernah mencoba Cyberpunk 2077 untuk merasakan pengalaman berpetualang di Night City dengan lebih baik.

Namun beberapa dari kalangan gamer terutama para veteran Cyberpunk 2077 yang bermain menggunakan HDD atau Hard Disk Drive pada hardware mereka merasa khawatir apakah mereka tetap dapat menjalankan game tersebut.

Pasalnya CD Projekt RED mengumumkan bahwa dengan datangnya Update 2.0, Cyberpunk 2077 perlu spesifikasi baru untuk menjalankan gamenya dengan lebih lancar.

Dari beberapa perubahan minor pada game mereka, salah satu yang paling menarik perhatian adalah perubahan pada penyimpanannya yang dimana Cyberpunk 2077 sekarang membutuhkan SSD untuk berjalan dengan optimal.

Perubahan requirement dari HDD menjadi SSD tersebut, membuat pemain yang masih menggunakan HDD untuk bertanya-tanya apakah mereka tetap bisa menjalan game tersebut dengan HDD mereka.

Pada umumnya, Solid State Drive atau SSD bisa membuat proses alokasi data pada hardware menjadi lebih cepat, jauh lebih cepat daripada Hard Disk Drive atau HDD, sehingga membuat game bisa berjalan lebih lancar.

BACA JUGA:Kembali Populer! Cyberpunk 2077 Menjadi Top Seller di Steam

Game kualitas AAA (game dengan bujet besar dan dipublikasikan oleh pengembang ternama) pada beberapa tahun terakhir memang mulai mewajibkan pemainnya untuk menggunakan SSD karena kecepatan alokasi data mereka. 

Jika pemain tetap menggunakan HDD, maka permasalahan yang sering terjadi adalah loading game mereka yang menjadi lebih lama dan sering terjadinya pop in atau fenomena di mana objek atau detail dalam lingkungan game muncul secara tiba-tiba atau "pop" ke tampilan pemain saat mereka mendekatinya.

Kategori :