Hak Cipta Cupid Milik Fifty Fifty Bermasalah, Ini Langkah yang Diambil Agensi

Selasa 28-11-2023,17:45 WIB
Reporter : Azwa Safrina
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Lagu Cupid milik Fifty Fifty memang booming luar biasa. Namun, lagu itu tersandung masalah hak cipta. Agensi Fifty Fifty, Attrakt berebut hak cipta dengan perusahaan bernama The Givers.

The Givers adalah perusahaan yang pernah berkongsi dengan Attrakt. Mereka bertugas mencari dan menyediakan lagu yang bagus untuk Keena dkk. Nah, Cupid juga "pemberian" dari The Givers.

Namun, mereka mendaftarkan hak cipta lagu itu atas nama The Givers. Tanpa memberi tahu Attrakt. Sehingga, meski lagu itu sangat terkenal, segala keuntungan finansial tidak masuk ke Attrakt maupun Fifty Fifty.

BACA JUGA: Eksis Lagi, Fifty Fifty Rilis Cupid Versi Baru Bareng Sabrina Carpenter

Setelah bertempur di pengadilan sejak Juni 2023, CEO Attrakt CEO Jung Hong Joon memutuskan menyewa pengacara baru.


HAK CIPTA Cupid milik Fifty Fifty bermasalah, ini langkah yang diambil agensi.-Attrakt-

"Kami menganggap kecacatan dalam proses pendaftaran hak cipta Cupid sebagai masalah serius," ungkap Jung Hong Joon, sebagaimana dikutip Korea Times.

"Untuk mengatasi permasalahan tersebut secara komprehensif, kami telah melibatkan layanan dari Kim & Chang, firma hukum terkemuka dengan rekam jejak yang terbukti," lanjut CEO tersebut.

BACA JUGA: Fifty Fifty Jadi Girlgrup Kpop Tercepat yang Debut di Billboard Hot 100 dengan “Cupid”

Proses pendaftaran hak cipta lagu Cupid secara ilegal dilakukan oleh dua orang. Yakni Ahn Sung Il (alias Siahn), CEO The Givers, serta Baek Jin Sil (alias Ahin), staf di sana.

Pada 27 Juni 2023, Attrakt mengajukan tuntutan pidana terhadap CEO The Givers, Ahn Sung Il ke kantor polisi Gangnam, Seoul. Tuduhan tersebut mencakup menghalangi bisnis, penghancuran catatan elektronik, penipuan, penggelapan, dan pelanggaran bisnis.

Saat itu, Attrakt juga diwakili oleh firma hukum Kim & Chang. Namun pengacara yang menangani kasus itu berbeda dengan yang sekarang.


HAK CIPTA Cupid milik Fifty Fifty bermasalah, ini langkah yang diambil agensi.-Attrakt-

BACA JUGA: Lahir Kembali, Fifty Fifty Akan Debut Lagi dengan 4 Member, Tiga di Antaranya Baru

BACA JUGA: Fifty Fifty is Back! Keena Hadiri Billboard Music Awards 2023, Segera Tampil dengan Wajah Baru

Kategori :