Warisan Kuliner Peranakan Ada di The Heritage by Novotel Samator Surabaya Timur

Kamis 30-11-2023,16:10 WIB
Reporter : Wafiqul Azizah
Editor : Heti Palestina Yunani

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Tiap tahunnya akan ada gerai baru yang dibuka oleh Novotel Samator Surabaya Timur. Tahun ini mereka membuka restoran yang bertemakan warisan budaya dengan nama The Heritage by Novotel Samator.

Berbarengan dengan ulang tahun hotel yang ke-6, Grand Opening The Heritage by Novotel Samator resmi dibuka dengan simbolis potong pita dan tumpeng pada Selasa, 28 November 2023. Membuka tempat yang akan memberikan sajian cita rasa masa lalu dan warisan dari generasi sebelumnya.

“Nama The Heritage sendiri berawal dari usulan pemilik hotel kami yakni Ibu Imelda Harsono, yang mengusung warisan kuliner masa lalu dengan harapan bisa mencapai tujuan kita di masa mendatang lewat sajian cita rasa Nusantara,” papar General Manager Novotel Samator David Charles Kalalo.

BACA JUGA: Samator Indo Gas Catatkan Penjualan Kuartal I 2023 Sebesar Rp 678,578 Miliar

David juga menjelaskan bahwa ada ruang tambahan yang diintregasikan sebagai ruang rapat dengan nama The Destination Multifunction Room. Menurutnya, hal tersebut juga menjadi perwujudan tema yang bisa dicapai di masa depan.

“Konsep kita di sini adalah all you can eat bafe yang menggabungkan cita rasa Nusantara otentik dengan makanan inkulturasi. Karena Surabaya ini menjadi melting pot dari berbagai suku bangsa dan etnik ya, salah satunya warisan peranakan ini,” terang Emanuel Natalyus Hartawan, Headchef Novotel Samator.

Chef Noel sedikit memberikan contoh seperti apa makanan Nusantara yang telah mengalami inkulturasi dengan warisan peranakan tersebut. “Asem-asem itu kan sebetulnya bukan masakan lokal, itu inkulturasi dari budaya China,” terangnya.


Aksi live cooking noodle di Noodle Station pada Grand Opening The Heritage by Novotel Samator pada Selasa, 28 November 2023-Majalyn Nadiranisa R/HARIAN DISWAY-

Dari hal tersebut muncul menu-menu yang diharapkan bisa memberi pengalaman berkuliner pada pengunjung untuk bernostalgia ke masa lalu.

The Heritage mengadakan Noodle Station dengan menyuguhkan live cooking noodle yang merupakan budaya China. Namun, isiannya dipadukan dengan budaya lokal. Seperti kuah sapi, kuah ayam, dan sambel kecombrang.

BACA JUGA: Ini Menu dan Harga Bukber di Ramadan Heritage Novotel Samator Surabaya Timur


Berbagai menu warisan peranakan hasil inkulturasi budaya kuliner Nusantara yang sedang dinikmati tamu undangan pada Grand Opening The Heritage by Novotel Samator-Majalyn Nadiranisa R/HARIAN DISWAY-

Mereka juga menawarkan menu ayam rempah dan sapi lada hitam yang diberikan bumbu masak andaliman. Bumbu masak khas Asia yang banyak dikenal sebagai merica Batak.

Memiliki luas 1000 square meter, restoran ini mampu menampung kapasitas sebanyak 190 seat yang sudah disediakan di dalam dan luar ruangan. “Cocok bagi pertemuan keluarga, komunitas, gathering perusaahan, dan juga kegiatan sosial pun bisa diadakan di sini,” terang David.

Setiap harinya akan ada menu berbeda. Sebanyak 5 cycle menu yang dapat dipilih. Senin-Jumat ada buffet warisan peranakan, dan Sabtu-Minggu ada buffet flavours of Asia.

Ada juga promo yang bisa pengunjung nikmati hingga 30 Desember 2023. Mulai dari Rp 168 ribu per orang pada Senin – Jumat, dan Rp 188 ribu per orang pada Sabtu dan Minggu. (Wafiqul Azizah)

Kategori :