Anies Janji Tambah Lokasi Embarkasi Haji di Sumbar

Kamis 04-01-2024,11:24 WIB
Reporter : Ayda Zaqiyatunnisa
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY – Gencar tarik pendukung hingga luar pulau, calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, melanjutkan kampanye Pilpres 2024 pada hari ke-37 di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Dalam kesempatan tersebut, berbagai program ditawarkan Anies kepada masyarakat Sumbar, salah satunya ialah menambah titik embarkasi haji atau bandara keberangkatan jemaah haji dari Indonesia ke Arab Saudi di Sumbar.

Ambisi ini dicetuskan oleh Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu dalam acara “Desak Anies” yang berlokasi di Lapangan Cindua Mato, Sumatera Barat, pada Rabu, 3 Januari 2024. "Insya Allah kita akan menjadikan Sumatera Barat salah satu tempat embarkasi haji untuk berangkat dari Indonesia,"

BACA JUGA: Desak Anies Sumatera Barat: Janjikan Keadilan untuk Pedagang dan Petani Kecil

Dalam wawancara terpisah, Anies mengungkapkan latar belakang penambahan lokasi embarkasi haji ini dilakukan sebab jumlah jemaah haji dari Sumbar dan sekitarnya termasuk yang terbanyak di Indonesia.

"Lebih banyak tempat supaya lebih efisien dan di Sumatera Barat dan beberapa kawasan sekitar sini merupakan tempat asal jemaah haji yang cukup banyak," ungkapnya.

Melalui program penambahan embarkasi haji ini, dia berharap keberangkatan haji masyarakat Sumbar dapat lebih efisien serta biaya perjalanannya bisa lebih ditekan.

BACA JUGA: Tren Acara Desak Anies Buktikan Masyarakat Butuh Substansi

"Kita berharap dengan adanya embarkasi haji di sini mudah-mudahan bisa lebih efisien dan menekan biaya," ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Dilansir dari website Kemenag lokasi program embarkasi haji ini juga dilakukan di berbagai kota lain, seperti; yakni Jakarta, Medan, Makassar, Padang, Banjarmasin, Aceh, Surabaya, Balikpapan, dan Lombok. (Ayda Zaqiyatunnisa)

Kategori :