HARIAN DISWAY - Shopee baru saja menghadirkan menghadirkan program teranyar untuk para penggunanya yaitu Garansi Bebas Pengembalian. Apa sih itu?
Program ini membuat para pembeli dapat mengembalikan barang yang telah dibeli dengan alasan berubah pikiran. Namun, ada yang perlu dicatat. Program ini hanya berlaku untuk barang-barang di Shopee yang memiliki label Bebas Pengembalian.
Dengan dirilisnya program tersebut, pembeli bisa mengajukan pengembalian barang dengan mudah jika berubah pikiran. Tentunya dengan tetap mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Shopee Garansi Bebas Pengembalian ini meningkatkan kenyamanan dan kepuasan para pembeli.
Lalu bagaimana dengan para penjual di Shopee?
BACA JUGA: Baju yang Dibeli Aurel Hermansyah Tidak Sesuai, Untung Ada Shopee Garansi Bebas Pengembalian!
Kehadiran program Garansi Bebas Pengembalian menuai beragam pro kontra dari para penjual di Shopee. Ada penjual yang antusias dengan program terbaru Shopee ini. Tapi ada juga yang merasa cemas jika justru jadi merugi. Pro kontra terkait kehadiran Garansi Bebas Pengembalian itu terlihat dari komentar para penjual di media sosial.
Ada penjual yang menyambut hangat program Shopee Garansi Bebas Pengembalian ini karena bisa meningkatkan peluang penjual untuk menarik hati lebih banyak pembeli, sehingga akan semakin banyak pembeli yang mengunjungi dan berbelanja di toko mereka.
Banyak penjual yang juga tertarik dengan program terbaru Garansi Bebas Pengembalian di Shopee ini karena bisa meningkatkan kepercayaan pembeli. Hal ini juga dinilai bisa menumbuhkan potensi pembelian berulang di toko penjual. Para penjual tersebut memberikan respons positif terhadap fitur terbaru Garansi Bebas Pengembalian yang hadir di Shopee.
Penjual dengan akun @j****n mendukung kehadiran Garansi Bebas Pengembalian di Shopee karena dinilai bisa meningkatkan kepuasan pembeli. “Saya mendukung kebijakan baru ini karena memang sudah seharusnya diterapkan untuk kepuasan pembeli,” ungkapnya.
Penjual lainnya turut menyampaikan pendapat serupa bahwa program terbaru Shopee ini bisa meningkatkan loyalitas pembeli. “Saya menilai bahwa fitur ini baik untuk menjaga loyalitas user terhadap shopee, dan saya tidak khawatir selama SOP berjalan sesuai dengan standard dan tidak merugikan seller,” pungkas @c****s.
Ada juga penjual yang menilai program Garansi Bebas Pengembalian bisa menjadi tantangan untuknya agar bisa meningkatkan kenyamanan kepada pembeli ketika berbelanja di tokonya. Misalnya dengan menampilkan foto produk yang benar-benar sesuai dengan aslinya. Dengan begini, maka bisa meningkatkan kepuasan dan kepercayaan para pembeli.
"Terkait program bebas pengembalian, saya merasa bahwa program ini pun baik, menjadi tantangan juga kepada saya untuk menampilkan foto produk yang sesuai dengan produk aslinya agar buyer tidak request pengembalian," komentar s********p.
Di sisi lain, ada juga para penjual yang merasa cemas jika program Garansi Bebas Pengembalian bukannya bikin untung malah buntung. Para penjual tersebut mengkhawatirkan adanya biaya tambahan yang ditarifkan kepada penjual untuk pengembalian barang/dana dengan alasan “Berubah Pikiran” dalam program Shopee Garansi Bebas Pengembalian. Ada juga yang was-was jika terjadi kecurangan dari pembeli yang menyebabkan kerugian terhadap penjual.
Seperti akun @h***o yang mengungkapkan keresahannya tentang biaya ongkir pengembalian barang/dana dari pembeli dengan alasan “Berubah Pikiran”, yang diduga akan dibebankan kepada penjual.
BACA JUGA: Kabar Gembira untuk Beauty Enthusiast! Lancome Bagikan Hadiah Gratis Eksklusif di Shopee Mall