Cara Efektif Menyembuhkan Kutu Air di Tangan Secara Alami Tanpa Obat Kimia

Kamis 13-06-2024,09:00 WIB
Reporter : Jessica Laurent
Editor : Taufiqur Rahman

3. Air Garam

Air garam memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang bisa membantu mengatasi kutu air. Cara penggunaannya sangat praktis, yakni larutkan setengah sendok teh garam dalam secangkir air hangat di baskom, lalu rendam tangan yang terinfeksi kutu air selama beberapa menit.

Dengan melakukan perawatan ini secara rutin, kamu bisa mengurangi gejala kutu air dan mempercepat penyembuhan. Namun, jika infeksi tidak kunjung membaik, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

4. Bawang Putih

Bawang putih mengandung minyak atsiri dan allicin yang memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, serta antiseptik. Selain itu, bawang putih dapat membantu mengurangi rasa gatal.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk satu siung bawang putih, lalu aplikasikan pada area yang terkena kutu air di tangan menggunakan kain atau perban. Diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas tangan.

5. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat antijamur yang efektif untuk mengatasi kutu air. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni rendam kapas ke dalam cuka sari apel dan usapkan pada daerah yang terinfeksi. Ulangi langkah ini tiga kali sehari.

6. Lidah Buaya

Gel lidah buaya mengandung berbagai zat dengan sifat antiseptik, antijamur, antibakteri, dan antivirus. Untuk menggunakannya, cukup oleskan gel lidah buaya pada area tangan yang terkena kutu air.

Selain membantu mengurangi rasa gatal dan bengkak, lidah buaya juga memberikan sensasi dingin yang menyejukkan, membantu menenangkan kulit yang teriritasi.

7. Ekstrak Biji Anggur

Ekstrak biji anggur dikenal efektif untuk mengatasi infeksi jamur. Cara penggunaannya cukup sederhana: campurkan satu tetes ekstrak biji anggur dengan satu sendok makan air, lalu oleskan campuran tersebut ke kulit yang terinfeksi dua kali sehari.

8. Kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang terkenal dengan sifat antiinflamasinya, selain itu juga dapat digunakan untuk mengobati kutu air. Anda dapat menambahkannya ke dalam makanan sehari-hari atau membuat pasta dengan mencampurkan kunyit yang sudah dihaluskan dengan sedikit air atau minyak kelapa. Oleskan pasta tersebut pada area kulit yang terkena kutu air.

BACA JUGA:5 Tips Sembuhkan Batuk Berdahak dengan Bahan Alami

Kategori :