Misteri Berlian, Batu Paling Berharga di Dunia

Rabu 12-06-2024,12:35 WIB
Reporter : Guruh Dimas Nugraha
Editor : Heti Palestina Yunani

BACA JUGA:7 Cara Menabung Emas dengan Aman dan Mudah untuk Masa Depan

Legenda menyebut bahwa jika Koh-i-Noor jatuh ke tangan yang tepat, pemiliknya dapat menguasai dunia. Tapi jika dikenakan oleh orang yang tidak tepat justru membawa kutukan. 

Sejak tahun 1850, berlian Koh-i-Noor dimiliki oleh Ratu Victoria, Mary, atau Elizabeth, dan sekarang berada di Menara London, di sebelah permata Kerajaan Inggris.

Berlian Koh-i-Noor pernah pula beberapa kali berganti kepemilikan. Tapi banyak di antara pemiliknya yang meninggal secara misterius.

Mulai abad ke-15, berlian juga menjadi simbol pertunangan. Hal itu dimulai setelah Archduke Maximilian dari Austria memberikan cincin pertunangan berlian pertama kepada Duchess Maria dari Burgundy.


Misteri berlian, batu paling berharga di dunia. Cincin dengan berlian yang ada di bagian tengah.-wirestock-freepik.com

Berlian, Keajaiban Alam yang Sempurna

Berlian berasal dari gunung berapi dengan suhu yang sangat tinggi. Paparan suhu tinggi membuat mineral berlian memperoleh bentuk yang indah. 

Seorang ahli perhiasan dapat menganalisa sebuah berlian. Namun, hanya seorang ahli permata yang benar-benar dapat melakukan pemeriksaan secara lengkap. 

Ia menganalisis batu permata dari berbagai sudut pandang. Bahkan dapat mengetahui dari wilayah atau gunung asal berlian tersebut.

BACA JUGA:Selama Kuartal Pertama, Bank Central di Dunia Banyak Menimbun Emas

Pertama dan terpenting, para ahli melihat pantulan cahaya batu. Yang paling berpengalaman bisa mengetahui secara langsung apakah itu berlian atau batu lainnya. 

Berlian sintetis, misalnya, tidak memiliki indeks bias yang sama dengan berlian alami.

Berlian dengan potongan cemerlang biasanya paling mahal. Dan tentu saja semakin besar ukuran berlian, semakin tinggi pula nilainya. Tapi saat ini ada banyak berlian kecil dengan harga yang tidak terlalu mahal. 

Sering kali wanita yang lebih muda lebih menyukai berlian dalam perhiasan modern, futuristik, dan eksklusif. Sedangkan wanita yang lebih dewasa hingga paruh baya lebih menyukai perhiasan vintage dan antik, atau jenis perhiasan keluarga. 

Misalnya saja cincin pertunangan Kate Middleton. Dia menggunakan cincin emas dengan safir di tengah dan aneka berlian di sekeliling safir tersebut. Cincin yang merupakan warisan keluarga dari generasi ke generasi.

Kategori :

Terkait