Tanpa Lasik, Anda Punya 4 Cara Ini untuk Mengurangi Mata Minus

Kamis 01-08-2024,10:11 WIB
Reporter : Elok Afida Nur Aini
Editor : Heti Palestina Yunani

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa modifikasi gaya hidup dapat membantu memperlambat perkembangan minus, terutama pada anak-anak. Modifikasi gaya hidup yang dapat dilakukan antara lain:

BACA JUGA: 7 Cara Efektif Menghilangkan Mata Sembap Setelah Menangis dengan Cepat

1. Mengurangi waktu menatap layar gadget: Terlalu lama menatap layar gadget dapat menyebabkan kelelahan mata dan berpotensi memperparah minus.

2. Melakukan aktivitas luar ruangan: Menghabiskan waktu di luar ruangan dan terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup dapat membantu memperlambat perkembangan minus.

3. Menjaga jarak baca: Saat membaca, jaga jarak buku atau layar sejauh 30-40 cm dari mata.

4. Memperhatikan postur tubuh: Duduklah dengan tegak saat membaca atau menggunakan komputer.

BACA JUGA: Penyiraman Berlebihan pada Tanaman Durian Membahayakan Kesehatan

5. Mengistirahatkan mata: Berikan waktu istirahat yang cukup untuk mata, terutama setelah lama menatap layar gadget.

Penting untuk diingat bahwa cara-cara di atas tidak dapat menyembuhkan mata minus secara permanen. Efektivitasnya pun bervariasi pada setiap orang. Konsultasi dengan dokter mata adalah langkah terbaik.

Untuk menentukan cara yang tepat untuk mengurangi minus dan menjaga kesehatan mata Anda. Dokter mata akan melakukan pemeriksaan mata yang komprehensif untuk menentukan tingkat keparahan minus Anda.

Juga merekomendasikan cara pengobatan yang terbaik. Selain itu, dokter mata juga dapat memberikan tips dan saran untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah minus bertambah parah.

BACA JUGA: 5 Penyebab Mata Berkunang-Kunang dan Cara Mengatasinya

Dengan mengikuti anjuran dokter mata dan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat memaksimalkan penglihatan Anda dan menjalani aktivitas sehari-hari dengan nyaman. (*)

Artikel ini ditulis oleh Elok Afida Nur Aini, mahasiswa Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta magang Harian Disway.

Kategori :