Seru! Mahasiswa Ciputra Masak Bareng Juara MasterChef Australia

Sabtu 22-06-2024,22:57 WIB
Reporter : Guruh Dimas Nugraha
Editor : Taufiqur Rahman

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Event memasak bertajuk Taste of Australia tahun ini hadir di Surabaya dan Jakarta. Di Surabaya, acara tersebut berlangsung pada 21 Juni 2024 di Universitas Ciputra. Digelar oleh Kedutaan Besar Australia, menghadirkan jawara MasterChef Australia 2023: Chef Brent Draper.

Acara itu dalam rangka merayakan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Australia. Hubungan kedua negara mencakup banyak bidang. 

Kedua negara pun memiliki banyak kesamaan. Termasuk soal kuliner. Itulah yang semakin merekatkan hubungan Australia dan Indonesia.

BACA JUGA:Seempuk Wagyu! Olah Daging Kurban dengan Resep Sate Kambing ala Devina Hermawan


Hadirkan jawara MasterChef, Taste of Australia digelar di Universitas Ciputra. Chef Brent Draper memberi penjelasan tentang cara memasak crumbed lamb cutles.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

Untuk merayakan 75 tahun hubungan diplomatik itu, salah satunya lewat pertukaran kuliner. Taste of Australia digelar di Universitas Ciputra (UC) tepatnya di ruang 221 Live Action Laboratory. Kedubes Australia bekerja sama dengan jurusan Culinary Business UC. 

Dari pihak kedubes menghadirkan Chef Brent Draper, yang pernah menjuarai MasterChef Australia session 15. Sedangkan dari pihak UC menghadirkan Chef Indrawati Kusuma yang juga dosen jurusan tersebut. 

"Kecintaan pada makanan menyatukan kita dengan cara yang istimewa. Masakan Australia mencerminkan masyarakatnya yang multikultural, yang terdiri dari berbagai budaya, bahasa, kepercayaan, dan cita rasa. Begitu pun masakan Indonesia," ujar Chef Draper. 

BACA JUGA:8 Tip Menyimpan Daging Kurban Agar Awet dan Tidak Bau

Chef tersebut terkenal dengan gaya memasaknya yang beragam. Ia pun sering memasukkan pengaruh Indonesia ke dalam masakannya. Draper sebelumnya berkompetisi di seri 13 MasterChef Australia pada 2021, tetapi mengundurkan diri setelah mencapai Top 13 karena masalah kesehatan mental. 

Pada 2023, setelah menerima berbagai dukungan, Draper kembali ke MasterChef untuk seri 15 dan memenangkan kompetisi tersebut. Kisah Brent adalah kisah tentang ketahanan atau daya juang, hasrat terhadap kuliner, dan komitmen untuk menumbuhkan kesadaran kesehatan mental.


Hadirkan jawara MasterChef, Taste of Australia digelar di Universitas Ciputra. Para mahasiswa Culinary Business UC mempersiapkan masakan lokal.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

Pada 21 Juni 2024, Chef Draper melakukan demo memasak untuk puluhan mahasiswa Culinary Business Universitas Ciputra. Ia memasak satu kuliner Australia. Yakni crumbed lamb cutles with hot honey and turmeric yoghurt.

Sesuai namanya, daging yang digunakan adalah daging domba. "Daging domba muda. Teksturnya lebih tipis dan lebih empuk," ujarnya. Beberapa bahan yang dimasukkannya adalah kunir dan cabe rawit. Rempah khas Nusantara.

"Ini yang memberikan ketajaman rasa. Kemudian ada sedikit rasa pedasnya juga," katanya. Bahan-bahan itulah yang jadi karakter Chef Draper. Seperti telah disebutkan, ia kerap memasukkan bumbu-bumbu khas Indonesia. 

Kategori :