Kenali Diri Sendiri Yuk, Apakah Anda Termasuk Tipe yang Punya Ambisi atau Egois?

Rabu 14-08-2024,10:03 WIB
Reporter : Elok Afida Nur Aini
Editor : Heti Palestina Yunani

Egois, di sisi lain, adalah kecenderungan untuk mementingkan diri sendiri dan mengutamakan kebutuhan serta keinginan pribadi di atas orang lain. Ada beberapa ciri-ciri orang yang egois yang bisa Anda kenali.

1. Kurang empati

Orang yang egois cenderung kurang peka terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain. Mereka sulit merasakan atau memahami apa yang dirasakan orang lain.

BACA JUGA: Peduli Isu Kesehatan Mental, Prodi Ilmu Komunikasi Untag Gelar Mindscape Exhibition and Talkshow bersama Psikolog

2. Mengutamakan kepentingan pribadi

Mereka sering kali memprioritaskan keinginan dan kebutuhan mereka sendiri, bahkan jika itu merugikan orang lain. Keputusan yang diambil biasanya didasarkan pada keuntungan pribadi.

3. Mencari pengakuan dan penghargaan

Seseorang yang egois sering mencari pujian dan pengakuan dari orang lain untuk memvalidasi dirinya. Mereka cenderung mengukur nilai diri berdasarkan pengakuan eksternal.

4.  Sulit berbagi dan berkolaborasi

Mereka lebih suka bekerja sendiri dan sering merasa sulit untuk berbagi atau bekerja sama dengan orang lain, terutama jika harus mengorbankan kepentingan pribadi.

BACA JUGA: Peringati Bulan Kesadaran Kesehatan Mental, Drake Bell Beberkan Caranya Lawan Narkoba

Memahami dan Menyeimbangkan

Memiliki ambisi bukanlah hal yang buruk, selama tidak mengorbankan kepentingan orang lain atau menjadi egois. Sebaliknya, ambisi dapat menjadi pendorong untuk mencapai hal-hal besar dan mengembangkan diri.

Namun, penting untuk selalu mengingat bahwa kehidupan yang seimbang membutuhkan kemampuan untuk berempati dan mempertimbangkan kebutuhan orang lain.

Menjadi ambisius dengan tetap menjaga empati dan kerendahan hati adalah kunci untuk menghindari jebakan menjadi egois. Refleksi diri dan kesadaran akan perilaku kita sendiri adalah langkah pertama yang penting dalam proses ini.

BACA JUGA: Peringati Bulan Kesadaran Kesehatan Mental, Drake Bell Beberkan Caranya Lawan Narkoba

Kategori :